RSUD Daya Makassar Miliki Fasilitas Tak Kalah Bersaing dengan RS Lainnya

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel menghadiri undangan sosialisasi dan konsultasi penyelenggaraan pelayanan publik RSUD Daya Kota Makassar Tahun 2023.

IWO Sulsel diwakili oleh Sekretaris Dewan Etik Hasanuddin mengikuti pemaparan tranformasi pelayanan publik yang ada di RSUD Daya Makassar.

Selain dari IWO, turut hadir dari Kecamatan Biringkanaya untuk melihat langsung dan memberikan masukan untuk pelayanan RSUD Daya Makassar kedepan.

Kabag Pelayanan Masyarakat (Yanmas) RSUD Daya Makassar membuka acara mewakili Dirut dr. Achmad Asyarie menyampaikan tujuan mengundang stakeholder termasuk unsur pers karena dapat memberikan edukasi melalui informasi tentang capaian yang telah dilakukan selama ini.

“Pelayanan publik yang diberikan juga menjadi evaluasi untuk lebih baik dan media dapat membantu menginformasikan,” katanya.

“Kita juga menerima masukan dari media bagaimana secara seksama pelayanan kita kepada masyarakat. Sehingga kita sama-sama terus memberikan pelayanan terbaik untuk kita semua,” kata dia.

Sementara itu, Sub Koordinator Humas & Pemasaran RSUD Daya Wisnu Maulana memaparkan RSUD Daya Makassar kategori tipe B satu-satunya milik Pemkot Makassar dengan pelayanan yang terus ditingkatkan.

Dia menjelaskan, fasilitas yang disiapkan dapat bersaing dengan rumah sakit yang ada di Makassar seperti Primaya, RS Siloam dan lainnya.

“Kita punya super vip yang tidak kalah bersaing dengan rumah sakit unggulan. Kenyamanan dan pelayanan kita siapkan,” kata Wisnu.

RSUD Makassar sudah bertranformasi dari puskesmas, rujukan hingga tipe b, memiliki 15 layanan instalasi, diantaranya rawat jalan, rawat inap, gawat darurat, ICU, OK, rehab medik, lab, radiologi, farmasi, gizi, CSSD, binatu, sanitasi, rekam medik dan bank darah.

Adapun sarana prasarana seperti dipaparkan Wisnu, yakni CT Scan, PCR set, memmografi, panoramic x ray, echo 3 dimensi, USG 4 dimensi, endoskopi, extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), electrocardiography, laryngoscopy, bonesitometer, bronkoskopi, laser haemoroid serta PA Set.

“Saat ini jadi tantangan kedepan akan menjadi pusat rujukan tingkat madya dengan melayani 6 jenis penyakit. Mudah-mudahan dukungan semua (media), sehingga masyarakat tidak perlu lagi jauh keluar kota berobat tetapi cukup di Makassar (RSUD),” terang Wisnu.

Untuk layanan ambulanns, juga RSUD Daya sudah siap melayani. Saat ini ambulans relatif mewah dengan jumlah 6 unit.

Dari segi inovasi juga tidak ketinggalan, dengan sejalan visi misi kota Makassar. Seperti, SIBAGAS, SP3 dan terakhir Jampangi yang mendapat juara 2 dari pemerintah kota.

Selanjutnya penilaian yang dilakukan tingkat kepuasan RSUD nilai baik dengan angkat 80,1.

“Artinya baik, tetapi mungkin masih butuh masukan media, tomas, sehingga layanan kita dapat terus meningkat,” tuturnya.

Sementara Hasanuddin perwakilan IWO Sulsel menyampaikan apresiasi atas komitmen dari RSUD Daya untuk terus terbuka dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat.

“Kami diutus (IWO) memberikan apresiasi atas komitmen ini. Keterbukaan informasi, keterbukaan agar masyarakat memberikan masukan sehingga dapat mendorong suatu institusi terus memperbaiki pelayanan,” kata Hasanuddin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *