Resmi Nahkodai Pepabri Sulselbar, Panglima Ta’ Bertekad Rajut Persatuan Bangsa



Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Mappanyukki (Panglima Ta’), resmi menahkodai DPD Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Sulselbar usai dilantik oleh Ketua Umum Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar di Hotel Rinra Makassar, Rabu 11 Januari 2023.

Dalam sambutan perdananya, Panglima Ta’ bertekad merajut persatuan di tengah ancaman perpecahan masyarakat.

Menurutnya, kader Pepabri di Sulselbar harus mampu menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam menjaga harkat dan martabat Republik Indonesia, khususnya di Sulsel.

Pepabri, kata Panglima Ta’, harus bisa menjadi perekat keutuhan bangsa yang harus relevan dengan situasi yang berkembang saat ini.

“Kader Pepabri itu mesti juga memiliki kewajiban moral untuk menjaga kondisi tetap aman,” ujarnya.

Eks Pangdam XIV Hasanuddin ini mengatakan, nantinya keputusan-keputusan yang diambil bisa membawa Pepabri lebih berperan dalam membantu kelancaran pembangunan Indonesia, khususnya di Sulsel dan Barat

“Yang paling penting, Pepabri harus bisa berperan aktif menjadikan Sulsel lebih maju, bersih dan bermartabat serta mampu mengembalikan marwah daerah,” tandasnya.

Dia akhir pidatonya, Panglima Ta’ berpantun di hadapan ribuan tamu yang hadir. Begini isi pantunnya : ” Sulawesi Pa’rasanganta, yang selalu ada di hatita, jika ingin Sulsel dan Sulbar terjaga, jangan lupa Panglima Ta’ “.

Sementara Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menuturkan, Pepabri akan terus melakukan konsolidasi dan evaluasi kekurangan dalam memerankan diri sebagai perekat bangsa.

Menurut Agum, Pepabri sudah sepatutnya mengoptimalkan peran sebagai perekat bangsa, terutama di tengah penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal tersebut, kata Agum, perlu dilakukan agar kondisi Pemilu 2024 menjadi lebih baik dari Pemilu 2019 yang diwarnai dengan polarisasi.

Agum sendiri telah menjadi Ketua Umum DPP Pepabri untuk masa bakti atau periode 2007-2012, 2012-2017, dan 2017-2022. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *