Rapat Paripurna DPRD, Fatmawati Paparkan LKPJ Walikota Makassar Tahun 2020

Kabarnusantaranews,Makassar;– Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi mewakili Walikota Makassar menghadiri rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Tahun 2020, di gedung DPRD kota Makassar, Rabu (31/3).

Dalam penyampaian LKPJ Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi memaparkan arah kebijakan ekonomi kota Makassar yang diselaraskan dengan sasaran dan arah yang sudah ditetapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2020.

Fatmawati Rusdi memberi gambaran pertumbuhan ekonomi makro kota Makassar sampai tingkat nasional pada tahun 2020 mengalami penurunan, diakibatkan adanya shock pandemi covid 19.

“Pertumbuhan ekonomi makro kota Makassar mengalami penurunan dan berada pada angka 1,27 persen. Jika dibandingkan angka pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan sebesar -0,70 persen dan Nasional sebesar -2,07 persen, sehingga pertumbuhan ekonomi secara nasional mengalami penurunan signifikan akibat terjadinya shock dari pandemi COVID-19 dan berdampak buruk terhadap kinerja perekonomian daerah,” ungkapnya.

Menurut Fatmawati Produk Domestik Regional bruto (PDRB) juga mengalami penurunan mulai tahun 2019 hingga 2020.

“Jumlah uang yang beredar sebagaimana nilai PDRB Atas Dasar berlaku pada tahun 2020 sebesar Rp. 178,332 trilyun lebih, mengalami penurunan dari tahun 2019 yaitu sebesar Rp. 170,450 lebih,” ujarnya.

Lanjutnya sebagai penyangga utama perekonomian di Sulawesi Selatan Kota Makassar memberi kontribusi mencapai 35,23 persen atau lebih dari 1/3 ekonomi Sulawesi Selatan.

“Turunnya PDRB Kota Makassar juga berimplikasi pada menurunnya Pendapatan Per Kapita masyarakat Kota Makassar, yaitu pada tahun 2020 sebesar Rp. 115,40 juta lebih dari sebelumnya pada tahun 2019 sebesar Rp. 116,87 juta lebih,” paparnya.

Fatmawati berharap pemerintah kota bersama anggota dewan masyarakat dan seluruh elemen masyarakat bersama sama melakukan perbaikan ekonomi.

“Kedepan mari kita berkreatifitas sambil berinovasi menyongsong perbaikan ekonomi yang lebih baik,” kuncinya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *