Program PUSAKA Bank Sulselbar Raih Penghargaan CSR IDX Channel 2022

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Bank Sulselbar meraih penghargaan dari CSR IDX Channel 2022, sebuah ajang penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan sejumlah asosiasi CSR terkemuka nasional lainnya. 

Pada ajang tersebut, Bank Sulselbar mendapatkan Piagam Apresiasi kategori Economic Development Initiatives dengan Program CSR ‘Dana Bergulir CSR Pusaka.’

CSR PUSAKA adalah program Pembiayaan Usaha Rakyat (PUSAKA) dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) bergulir dengan angsuran pokok pinjaman saja. Kredit PUSAKA membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha di tengah pemulihan dan pertumbuhan ekonomi riil secara berkelanjutan.

Bank Sulselbar mengikuti penyeleksian berkas dokumen dan presentasi secara online dengan memaparkan latar belakang dibentuknya program CSR PUSAKA beserta penjelasan inovasi, dampak, keberlanjutan, dan sisi kebaruannya di hadapan juri-juri profesional dan independen pada tanggal 12 Oktober 2022.

Setelah itu, Bank Sulselbar akhirnya berhasil mengantongi penghargaan dari IDX Channel pada malam Anugerah CSR IDX Channel 2022, bersama dengan berbagai perusahaan dan tokoh publik penerima penghargaan lainnya pada tanggal 9 November 2022 di MNC Congerence Hall, Gedung I-News Tower, Jakarta.
Dalam program penghargaan tersebut, IDX Channel memberikan apresiasi yang didasari 3 (tiga) aspek utama dalam penilaian, yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang social responsibility, aspek Good Corporate Governance (GCG), dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis.

H. Yulis Suandi, Plt. Direktur Utama PT. Bank Sulselbar mengatakan, bahwa penghargaan terhadap program CSR PUSAKA Bank Sulselbar menjadi salah satu bukti nyata bahwa Bank Sulselbar bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat melalui program pengembangan ekonomi tersebut.

“Alhamdulillah, dengan adanya penghargaan ini Bank Sulselbar semakin termotivasi dan terus berkomitmen besar dalam melahirkan berbagai inovasi yang dapat ‘menyentuh’ langsung masyarakat dalam hal pembangunan ekonomi salah satu contohnya melalui UMKM”, ucapnya.

Bank Sulselbar terus berkontribusi dan menjadi booster dalam peningkatan resiliensi dan pertumbuhan UMKM melalui berbagai program atau kebijakan, salah satunya CSR Pusaka.

“Meskipun baru hadir di tahun 2021, realisasi Kredit PUSAKA sudah mencapai 2,8 milyar untuk usaha ultra mikro dan mikro di sepanjang tahun 2021 dengan rasio Non Performing Loan (NPL) hampir nihil”, ujar H. Yulis.

UMKM merupakan penopang stabilitas perekonomian sehingga selalu menjadi perhatian oleh semua pihak tidak terkecuali Bank Sulselbar.

“Dalam program ini kami bersinergi dan berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK, OPD terjait, Asosiasi Pengusaha, dan Konsultan UMKM. Pihak pemerintah, asosiasi, berbagai lembaga keuangan seperti Bank Sulselbar, semuanya harus bersinergi mendukung UMKM agar tercipta ekosistem kondusif yang membantu pemulihan ekonomi”, tambah H. Yulis.

Selaras dengan concern Bank Sulselbar, tema dari event IDC Channel 2022 adalah “Orchestrating Integrated CSR Initiatives to Accelerate Economic Recovery” yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan inisiatif CSR yang berdampak kepada bisnis, masyarakat dan lingkungan di masa perbaikan ekonomi.

Adapun beberapa dari dewan juri yang menyeleksi dan menginterview peserta pada ajang tersebut adalah Achmad Daniri yang merupakan Direktur Bursa Efek Indonesia 1999-2002 dan Ketua Umum Asosiasi GRC, Wahyu T yang merupakan Peneliti Strategi Strategi Transformasi dan Inovasi PPM Manajemen, dan Mahir Bayasut yang merupakan Ketua Umum Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia.

Dewan juri menilai dan menentukan para peserta melalui kategori berdasarkan 17 (tujuh belas) poin SDGs. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) adalah Agenda 2030 yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan.









Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *