Plt Gubernur: Rp720 Miliar APBD Sulsel untuk Luwu Raya

Kabarnusantaranews,Palopo;– Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengaku, sekitar Rp 720 miliar anggaran dari APBD Provinsi Sulsel untuk Luwu Raya. Menurutnya, apa yang dilakukan sebagai wujud pemerataan pembangunan yang berkeadilan.

Hal itu disampaikan saat menghadiri 19 Tahun Kota Palopo di DPRD Palopo, Jum’at (2/7/2021). Dengan tema Tangguh Dalam Kebersamaan, Andi Sudirman turut didampingi Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina.

“Komitmen kami membangun Luwu Raya adalah tetap komitmen di 2018-2023. Dari tahun 2019 sampai 2021 sudah Rp 720 miliar APBD provinsi yang masuk di Luwu Raya. Alhamdulillah,” katanya.

“Ketika terbangun semua (Luwu Raya) di sekitarnya, maka sentra barang dan jasa nanti semuanya akan ke Palopo. Karena sistem pergerakan barang dan jasa manfaatnya justru besar, semua sistem pergerakan barang dan jasa muaranya ke Palopo juga. Transit jasa hotel dan pendidikan semuanya ke sini juga. Ini merata, kita mau multiplayer efect. Kita tidak ingin melihat Luwu ini terbagi-bagi, kami melihatnya sebagai satu kesatuan dalam sistem pembangunan, walaupun dalam kerangka kabupaten berbeda,” bebernya.

Total APBD itu, kata dia, mencakup segala hal. Mulai dari infrastruktur, pertanian, peternakan dan sebagainya.

Andi Sudirman mengatakan, upaya Pemprov ini juga atas sinergitas bersama legislatif. Untuk fokus infrastruktur jalan, berpatokan pada Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) atau berapa banyak yang melintas.

“Fokus kita jalan yang LHR nya tinggi. Karena penting aksesibilitas jalan untuk memudahkan akses perekonomian dan distribusi barang dan jasa. LHR tinggi yang merupakan kewenangan provinsi kita tuntaskan secara bertahap di tahun 2022 untuk kondisi prioritas rusak berat, Insya Allah,” ungkapnya.

Ia berharap, Pemerintah Kota Palopo senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel menuju arah yang lebih baik.

“Bagaimana menciptakan kesejahteraan yang sehat, pembangunan tetap terukur, dan berkeadilan dalam sistem pemerintahan yang kita bangun. Ini butuh kekompakan. Saya butuh dukungan dari semua. Membentuk suatu pemerintahan yang kuat dan kita bergandengan tangan. InsyaAllah dengan Bapak Wali Kota, saya yakin pembangunan disini jauh lebih maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo, Muh Judas Amir, berharap, di usia 19 tahun Kota Palopo untuk terus menjaga kebersamaan dalam upaya pemulihan ekonomi.

“Saya berharap dengan semangat tangguh dalam segenap jajaran Kota Palopo, untuk bahu membahu membangun daerah ini,” ujarnya.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan membatasi peserta yang hadir langsung. Serta adapula yang mengikuti secara virtual. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *