Pj Gubernur Sulsel Harap Masyarakat Selayar Jaga Kelestarian Alam Takabonerate

Kabar Nusantara News, SELAYAR – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar sama-sama menjaga kelestarian alam dan keindahan Takabonerate yang sudah mendunia.

“Dari Tanadoang ini saya meminta kepada seluruh masyarakat dan dunia, tetap menjaga kelestarian alam yang ada di Taka Bonerate di Selayar ini,” harap Pj Gubernur Sulsel, dalam sambutannya, di Festival Taka Bonerate, di Taman Pelangi Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis malam, 26 Oktober 2023.

Bahtiar menjelaskan, kekuatan alam, keindahan alam yang dimiliki Taka Bonerate ini adalah kebanggaan kita semua. Untuk itu, semua pihak wajib mempertahankan Taka Bonerate.

“UNESCO juga harus ikut bertanggung jawab untuk menjaga alam. Bukan hanya memberikan sertifikat saja, tapi ini harus dijaga oleh seluruh dunia, harus bertanggung menjawab bersama merawatnya,” ujarnya.

Pj Gubernur Sulsel menilai, Festival Taka Bonerate ini untuk memberikan dukungan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, karena sudah berhasil merawat keindahan Taka Bonerate.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kita semua. Dunia sudah mengakui lewat UNESCO. Ini adalah alam yang indah, yang terbaik yang Tuhan titipkan kepada kita,” jelasnya.

“Terimakasih kami kepada masyarakat Selayar yang telah menyelamatkan dan merawat alam kita Taka Bonerate ini. Sekali lagi saya sungguh-sungguh berterima kasih, walaupun saya orang Bugis Makassar, tapi jujur baru kali ini saya datang ke Tanadoang ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, M Basli Ali, mengucapkan, terimakasih kepada Pj Gubernur Sulsel dan seluruh rombongan atas kesempatan hadir dalam acara Festival Taka Bonerate.

“Terimakasih Pj Gubernur Sulsel, Bapak Bahtiar Baharuddin atas perhatiannya terhadap Festival Taka Bonerate ini. Sekali lagi terimakasih Pak Gubernur dan rombongan,” ucap Basli Ali, dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, Taman Nasional Taka Bonerate merupakan segitiga terumbu karang terbaik ketiga yang dimiliki dunia saat ini. UNESCO bahkan mengakui sebagai cagar terumbu karang terbaik dunia.

“Beberapa keunggulan Pulau Takabonerate termasuk segitiga terumbu karang dunia yang telah ditetapkan UNESCO,” ungkapnya.

Setiap tahun, Festival Taka Bonerate ini digelar, selain untuk pesta rakyat bagi masyarakat Kepulauan Selayar, juga sebagai ajang tahunan untuk menarik wisatawan mancanegara dan domestik. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *