Pj Bupati Takalar dan Bank Sulselbar Kolaborasi Mudahkan KUR Bagi Pelaku Usaha

Kabar Nusantara News, TAKALAR – Pemerintah Kabupaten Takalar terus berupaya dalam memajukan saha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya. Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Takalar Setiawan Aswad dalam Sosialisasi UMKM dan Bantuan Permodalan Bagi Pelaku Usaha Perikanan di Desa Tamasaju Kec. Galesong Utara, Senin, 15 Januari 2024.

“Salah satu upaya yang dilakukan dalam pengembangan usaha rakyat yaitu dengan memberi bantuan modal kepada pelaku usaha, kita telah bekerjasama dengan bank Sulselbar terkait dengan permodalan, “ kata Setiawan.

Menurutnya, bantuan modal dari Bank Sulselbar tersebut berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga yang rendah yaitu 3% dan diharapkan tahun ini bunganya bisa lebih rendah.

Setiawan dalam sosialisasi tersebut juga menjelaskan KUR tersebut adalah kredit yang telah disubsidi oleh pemerintah dengan masa perpanjangannya maksimal 2 tahun.

“Tentunya dengan tujuan untuk menggerakkan usaha rakyat. Dengan syarat pengajuan yaitu belum pernah memiliki pinjaman sebelumnya dan menyertakan KTP, KK, Buku Nikah, NPWP, izin usaha dan agunan, “ jelasnya.

Ia juga menjelaskan kriteria penerima KUR yaitu pelaku usaha dibidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Para Pelaku usaha bisa dibina dengan mulai pinjaman 10 juta hingga 50 juta sehingga usaha dapat berkembang.

“Saya berharap dengan mempermudah permodalan, para pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya dan dapat meningkatkan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan keluarga”, harap Pj. Bupati Takalar. (hs)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *