Pemkot Makassar Jadikan Hutan Bakau Salah Satu Unggulan Program lorong wisata

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjadikan Hutan Bakau Lantebung sebagai salah satu objek unggulan dalam program Lorong Wisata.

Sekretaris Daerah Makassar Muh Ansar di Makassar, Kamis, mengatakan, Hutan Mangrove Lantebung di Kecamatan Tamalanrea menjadi salah satu dari 1.095 lorong wisata yang ada di Makassar.

“Sejak dicanangkan program Lorong Wisata di Makassar, sudah ada 1.095 lorong yang bersiap menjalankan program itu dan satu diantaranya adalah hutan mangrove,” ujarnya.

Dalam program lorong wisata, lanjut dia, terdapat 5.000 lorong yang ditargetkan untuk menjadi program unggulan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Namun, hingga saat ini baru 1.095 lorong yang telah siap.

“Program Lorong Wisata itu salah satu yang menjadi prioritas kita dan semua SKPD harus terlibat dalam menyukseskan. Jika kita semua bersatu dan ambil bagian, maka target pasti cepat terpenuhi,” ujarnya.

Ansar menyatakan ekowisata Lantebung ini sebagai salah satu ikon Kota Makassar, sehingga semua pihak wajib untuk menjaga dan melestarikan.

Ia menegaskan mangrove merupakan benteng pertahanan awal terhadap risiko bencana dan juga sebagai mata pencaharian alternatif bagi masyarakat pesisir melalui pengembangan industri pariwisata.

“Wajib kita jaga dan lestarikan. Penanaman mangrove ini sebagai benteng utama dan terdepan dari bahaya abrasi dan tsunami,” katanya.

Camat Tamalanrea Andi Salman Baso menjelaskan bahwa dari 80 lorong wisata di wilayahnya, saat ini beberapa lorong wisata menjadi unggulan, seperti lorong wisata di pintu nol Unhas, dan hutan Manggrove Lantebung.

“Selain lorong wisata di Bonto Ramba dan Karmila Sari, kita ada juga unggulan yang akan dijadikan lorong wisata di Kecamatan Tamalanrea, yaitu Hutan Manggrove di Lantebung,” katanya.

Andi Salman menambahkan lahan Manggrove Lantebung tersebut potensial untuk dijadikan sebagai lahan wisata dan sarana pendidikan bagi anak sekolah.

Selain itu, hutan Manggrove Lantebung juga menawarkan pemandangan indah, yakni perpaduan antara pantai dan pepohonan mangrove yang rimbun, sehingga suasana di sekitar menjadi sejuk.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *