Pemimpin Wilayah dan Seluruh Insan Pegadaian Makassar Sampaikan Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 2024

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Pemimpin Wilayah dan Seluruh Insan Pegadaian Kanwil VI Makassar menyampaikan ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Ucapan tersebut disampaikan melalui akun official Instagram @pegadaiankanwilmakassar pada Sabtu, 1 Juni 2024.

“Peringatan hari lahir Pancasila menjadi pengingat bagi kita semua bahwa butir-butir Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu mari wujudkan Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, tulis keterangan dalam akun tersebut.

SEJARAH DAN MAKNA LAHIRNYA PANCASILA

Dikutip dari rri.co.id, Hari ini tanggal 1 Juni seluruh Rakyat Indonesia dimanapun berada diingatkan kembali sejarah lahirnya Pancasila.

Pancasila merupakan Ideologi Bangsa, sebagai dasar dan pandangan hidup Bangsa Indonesia.

Anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa melalui pidato Soekarno dalam menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamai “Pancasila”.

Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas yang disempurnakan melalui rumusan Pancasila dan dibentuknya Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas yang disebutkan oleh Soekarno dalam pancasila.

Yaitu Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Selanjutnya Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan. Berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Lalu bagaimana hari lahir Pancasila bisa diperingati setiap tanggal 1 Juni di Indonesia ?

Dilansir dari djkn.kemenkeu.go.id berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/ BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Dalam sidang tersebut, anggota BPUPKI membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka.

Moment peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga memberikan kesempatan untuk kita sebagai rakyat Indonesia untuk kembali mengenang jasa para pahlawan dan bersyukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa lahirnya Pancasila.

Dengan mengamalkan Pancasila sebagai dasar, ideologi, dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia bisa saling menghargai, menghormati, bertoleransi, berpegang teguh dengan keyakinan dan Tuhan, saling tolong menolong, berbuat adil, berperikemanusiaan, dan tentunya bersatu.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini adalah Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Semoga dengan ini rakyat Indonesia tetap bersatu dan tujuan terwujudnya Indonesia Emas Tahun 2045 tercapai.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *