Pejabat Baru Pegadaian Syariah Sidrap Siap Tingkatkan Omzet 2023 Over Target

Kabar Nusantara News, SIDRAP – Pergeseran suatu pimpinan dalam sebuah lembaga institusi lumrah terjadi. Apalagi dilingkup BUMN (Badan Usaha Milik Negara) juga terdampak pergeseran internalnya. Seperti perusahaan PT. Pegadaian (Persero) khususnya cabang Syariah Kabupaten Sidrap juga terkena imbas mutasi.

Pimpinan Cabang Pegadaian Syari’ah Pangkajene Sidrap kini dijabat Yudhi Cristian dari sebelumnya dijabat oleh Rahmat Hidayat pada akhir pekan kemarin tepatnya Sabtu (8/7/2023).

Sosok Yudhi Cristian merupakan senior dilingkup Pegadaian, sebelumnya Yudhi pernah menjabat di Deputi wilayah Parepare sebelum akhirnya dikirim ke Sidrap.

Usai serahterima jabatan, di hari pertama menjabat di Sidrap, Yudhi punya gagasan program gemilang kedepannya. Salah satunya memberikan peningkatan Omset dan produk-produk Pegadaian Syariah menjadi alternatif kemudahan bagi nasabah PT Pegadaian (Persero) khususnya warga Sidrap dan Pinrang.

Selama ini kesan dan image masyarakat kerapkali merasa ragu untuk menggunakan pinjaman berbasis bunga. Namun dibawah pimpinan Yudhi Cristian, hal itu akan dimudahkan semudah-mudahnya masyarakat membangun usaha dengan syarat mudah dan bunga ringan.

Dalam keterangannya, Yudhi Cristian menjelaskan jika produk Pegadaian Syariah sendiri cukup banyak menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Dan yang membedakan dengan produk konvensional adalah pada akadnya, salah satunya produk RAHN Pegadaian Syariah.

“Nantinya setiap pemohon dalam hal ini nasabah masyarakat akan dimudahkan pegres pengurusan tanpa ribet dengan pemodalan yang akan dipenuhi. Kemarin adanya kasus yang menimpa rekan kita itu kita akan kembalikan kepercayaan masyarakat dengan memberikan kemudahan dan terjamin modal diberikan tanpa ribet. Insha Allah segalanya kami mudahkan masyarakat dan silahkan datangi kantor kami, modal usaha termohon akan kita tingkatkan sesuai pinjaman pemohon,” ungkap Yudhi kepada wartawan, Senin (10/7/2023).

Adapun tawaran produk mudah yang diberikan masyarakat meliputi 9 produk Pegadaian Syariah yakni ;

1. Amanah, amanah sendiri merupakan produk Pegadaian Syariah berupa cicilan kendaraan. Plafon pinjaman yang ditawarkan yakni minimal Rp 5 juta dan paling besar Rp 45 juta dengan jangka waktu pinjaman 12-60 bulan. Dalam Amanah, nasabah dikenakan biaya administrasi (mu’nah akad) sebesar Rp 200 ribu untuk mobil dan Rp 70 ribu untuk motor.

Di Pegadaian Syariah tidak menerapkan bunga, namun ada biaya pemeliharaan barang (mu’nah). Biaya mu’nah untuk Amanah itu adalah 0,9 persen x harga kendaraan.

2. Rahn Produk, rahn Pegadaian syariah adalah produk Pegadaian Syariah berbentuk pembiayaan gadai emas, di mana emas seperti perhiasan maupun emas batangan bisa dijadikan agunannya. Pinjaman (marhun bih) mulai dari Rp 50 ribu sampai dengan Rp 1 miliar ke atas dengan jangka waktu pinjaman 4 bulan dan bisa diperpanjang. Untuk Rahn cara pembayarannya sesuai dengan kemampuan nasabah (rahin), boleh melunasi sekaligus, mencicil, atau melakukan perpanjangan rahn dengan membayar biaya pemeliharaan (mu’nah)-nya saja. Tidak ada bunga pinjaman, namun nasabah dikenakan biaya mun’ah sebesar Rp 2 ribu sampai Rp 120 ribu.

3. Arum BPKB Sesuai namanya, Arrum BPKB adalah produk Pegadaian Syariah berupa pembiayaan syariah untuk pengembangan UMKM dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor. Pembiayaan berjangka waktu fleksibel mulai dari 12, 18, 24, dan 36 bulan di mana nasabah harus menjadikan BPKB sebagai barang agunan untuk pinjaman dengan plafon Rp 1 juta sampai Rp 400 juta.Untuk biaya mun’ah ditetapkan sebesar 1 persen dari pinjaman, pinjaman Rp 100 juta ke atas tidak dikenakan mu’nah akad.

4. Arrum Emas Arrum emas adalah produk Pegadaian Syariah berupa pinjaman dana tunai dengan jaminan perhiasan (emas dan berlian). Biaya admin Rp 70 ribu dan biaya munah 0,95 persen per bulan dari nilai taksiran barang jaminan, dengan plafon sebesar 95 persen dari taksiran.

5. Arrum Haji Pegadaian Syariah Pembiayaan Porsi Haji adalah produk Pegadaian Syariah berupa pembiayaan untuk mendapatkan porsi nomor antrean ibadah haji secara syariah. Jaminan yang digunakan adalah emas. Biaya administrasi pinjaman ini yakni sebesar Rp 270 ribu dengan pinjaman minimal Rp 1,9 juta dan maksimal Rp 25 juta dalam jangka waktu 1-5 tahun. Selain biaya adminsitrasi, nasabah akan dikenakan biaya tambahan yang akan dipergunakan untuk biaya pemeliharaan barang jaminan yang dititipkan.

6. Rahn Hasan Salah satu produk rahn Pegadaian syariah yakni Rahn Hasan. Merupakan rahn dengan tarif mu’nah pemeliharaan sebesar 0 persen, berjangka waktu (tenor) 60 hari, dan berlaku untuk besaran marhun bih (uang pinjaman) golongan A. Barang jaminan yang bisa dipakai adalah emas, kendaraan, dan perhiasan. Maksimal marhun bih Rp 500 ribu.

7. Rahn Flexi Produk rahn Pegadaian syariah lainnya yaitu Flexi. Rahn Fleksi adalah produk Pegadaian Syariah dengan pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak sesuai syariah seperti emas batangan dan perhiasan, elektronik, serta kendaraan. Tak menggunakan bunga, tapi Pegadaian akan mengenakan Mu’nah yakni sebesar 0,1 persen dari nilai taksiran barang per hari dengan jangka waktu 5 hari sampai 60 hari.

8. Rahn Bisnis Rahn Bisnis adalah produk Pegadaian untuk memberikan pinjaman dana tunai kepada pemilik usaha dengan jaminan emas (batangan atau perhiasan). Pinjaman mulai dari Rp 100 juta sampai lebih dari Rp 1 miliar dalam jangka waktu 4 bulan. Mu’nah mulai dari 0,38-0,55 persen per 10 hari serta dikenakan pula mu’nah akad sebesar Rp 100 ribu.

9. Pembiayaan Pegadaian Syariah Gadai Sertifikat Pembiayaan Pegadaian Syariah Gadai Sertifikat merupakan produk Pegadaian Syariah dengan pembiayaan berbasis syariah yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan tetap/rutin, pengusaha mikro/kecil dan petani dengan jaminan sertifikat tanah dan HGB. Plafon pinjamannya adalah Rp 1 juta sampai Rp 200 juta. Itu beberapa produk Pegadaian syariah yang bisa nasabah pilih. Sebagai pengganti bunga, Pegadaian akan menerapkan sewa modal yang besarannya disesuaikan dengan produk, produk rahn Pegadaian Syariah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *