Optimalkan Lahan Tidur, Taman MoI dan Kawasan BSO Ditanami Sukun

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, terus berupaya mengoptimalkan lahan tidur agar produktif, termasuk pada aset-aset yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Seperti pada Taman Maccini Sombala of Indonesia (MoI) di Kota Makassar, dan Kawasan Benteng Somba Opu (BSO) di Kabupaten Gowa.

Minggu, 14 Januari 2024, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Pj Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah, melakukan penanaman sukun di MoI dan Kawasan BSO. Selain sukun, lahan di dua titik ini akan ditanami pisang cavendish juga nangka madu.

“Gerakan menanam seperti sukun, nangka dan pisang cavendish merupakan gerakan ekonomi kerakyatan. Ini sesuai arahan Bapak Presiden dan Mendagri. Dan tanaman sukun ini bisa mengembalikan kondisi alam kita yang sekarang menurun,” kata Bahtiar.

Ia menambahkan, secara khusus pihaknya bersama jajaran akan membahas terkait kondisi Taman MoI.

“Salah satu yang menjadi urgent adalah keadaan lahan di Taman Maccini Sombala dan bagaimana pemanfaatannya. Saya dengan tim di Provinsi Sulsel akan mendiskusikan bagaimana lahan ini dikelola dengan baik untuk menghasilkan dan produktif,” terangnya.

Sementara, Kepala UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Nurwati, berharap dengan penanaman sukun ini dapat membawa berkah bagi masyarakat sekitar UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu.

Adapun lahan milik Pemprov Sulsel dibawah UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu mencapai 5 hektare, yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman pisang cavendish, sukun, juga cabai. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *