Mediasi PT Vale dan FK-PAS,Husler : Kita Tunggu Hasil Tim Verifikasi

Kabar Nusantara News;- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur memediasi Forum Kerukunan Pemuda Sorowako (FK-PAS) dengan PT Vale Terkait Rekrutmen Karyawan. Hal ini dilakukan pasca aksi unjuk rasa yang dilakukan Forum tersebut di beberapa titik di Sorowako yang mengakibatkan aktivitas karyawan terganggu. Mediasi tersebut berlangsung digedung Ontaeluwu, Kamis (01/02/2018).

Negosiasi berlangsung alot yang difasilitasi oleh, Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, Kapolres Luwu Timur, AKBP Leonardo Panji Wahyudi, Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Drs Budiman, Perwakilan Disnaker Pemkab Lutim, dan Camat Nuha, Masdin.

Perusahaan tambang nikel PT Vale Tbk dalam perundingan tersebut di Wakili Gunawardana sedangkan Sedangkan Forum Kerukunan Pemuda Sorowako (FK-PAS), antara lain diwakili oleh Andi Karman, Abutar Ranggo, Asikin serta beberapa perwakilan tokoh pemuda.

Sebelumnya FK-PAS melakukan unjuk rasa menuntut penolakan rekrutmen karyawan.

Bupati Luwu Timur, Muh Thorig Husler mengatakan pemerintah berusaha agar persoalan rekruitmen ini bisa dapat di selesaikan bersama begitupula dengan hasil hasil perjanjian/kesepakatan bersama yang pernah dibicarakan dengan pihak PT. Vale agar untuk menjadi perhatian dan perioritas kedepannya.

Dari pertemuan itu, diputuskan agar Dinas Tenaga Kerja bersurat ke PT. Vale Sorowako untuk membentuk satu tim untuk melakukan pengecekan ulang terhadap 72 orang yang telah lulus tes. dan selama tim melakukan peroses verifikasi berlangsung tidak ada aksi di jalan.

“saya minta semua pihak tunggu hasil verifikasi tim yang dibentuk nantinya” kunci Husler.

Penulis : FA || Editor : Arwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *