Kabarnusantaranews ;– Ma’raga adalah salah satu karya budaya dari Sulawesi Selatan yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2016, kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional.

Bagi masyarakat, Ma’raga merupakan permainan dan atraksi hiburan di kala senggang untuk membangkitkan suasana senang dan gembira bagi pemain dan penonton. Konon, menjadi sarana bagi anak muda zaman dulu untuk menarik perhatian gadis pujaan.

Cara bermain yaitu para pemain berdiri membentuk lingkaran. Pemimpin permainan melambungkan bola yang disebut raga ke atas sebagai tanda dimulainya permainan. Pemain yang dituju kemudian mulai bermain, mengoper dari kaki ke kaki, atau kaki ke anggota badan lain sambil melakukan gerakan-gerakan seperti tarian atau sambil membentuk formasi.

Setiap pemain yang menerima raga haus menjaga agar tidak jatuh ke tanah dengan melakukan berbagai gerakan seperti menyepak, melambungkan atau memantulkan dengan tangan, bahu atau anggota badan lainnya tanpa memegang. Pemain yang menjatuhkan raga tidak boleh melanjutkan permainan atau dianggap kalah jika dalam perlombaan.

(Rls/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here