Kabar Naantara News;- Menteri Perhubungan Budi Karya menarget Operasi Kereta Lintas Makassar-Parepare akan beroperasi Akhir tahun 2020.Makassar (20/03/2019)

Jalur sepanjang 44 Kilometer (Km) yaitu jalur Barru-Palanro tersebut dijadwalkan akan rampung April tahun 2019.

“Bersamaan kita akan koneksikan ke beberapa pabrik semen yang ada di sini. Jadi kira-kira kita akan beroperasi akhir 2020,” katanya di Pekkae, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/2019).

Yang terdekat pembangunan akan dilanjutkan untuk 60 km berikutnya menuju Maros. Saat ini lelang konstruksi dan pengadaan lahan untuk rute tersebut tengah dilakukan secara paralel.

Jalur kereta ini nantinya akan terhubung ke beberapa pabrik semen yang melewati jalur tersebut. Dengan demikian efisiensi logistik diharapkan terlaksana sekaligus nantinya dipakai untuk angkutan penumpang.

Total panjang jalur kereta rute Makassar-Parepare sendiri mencapai 145 km. Secara paralel nantinya juga dibangun sisa jalur menuju ke Parepare dan Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar.

“Untuk penumpang, setelah 104 km kita akan teruskan ke Makassar bahkan ke bandara dan yang Parepare juga. Jadi kalau Makassar-Parepare kita perkirakan 2023,” ungkapnya.

Budi mengakui pembangunan proyek kereta lintas Makassar-Parepare memang memakan waktu cukup lama. Pemerintah nantinya ingin jalur yang sudah dibangun dilelang ke swasta baik untuk pra sarana (jalur, stasiun, dan lain-lain), maupun sarana (kereta) dan maintenance.

“Jalan (jalur) menuju pabrik kita tenderkan ke investor. Berikutnya OM (operation and maintenance) dan sarana juga bisa ditenderkan. Jadi kereta api sudah mulai mengajak swasta membangun sehingga pemerintah bisa lakukan pembangunan yang belum ekonomis dilakukan swasta,” kata Budi.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here