Jampangi Anak’ta, Inovasi Baru RSUD Daya Makassar Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Jampangi Anak’ta merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mengakomodasi kegiatan anak bermain dengan aman dan nyaman, terlindungi dari kekerasan, dan hal-hal lain yang membahayakan.

Tidak dalam situasi dan kondisi diskriminatif, demi keberlangsungan tumbuh kembang anak secara optimal dan menyeluruh, baik fisik, spiritual, intelektual, sosial, moral, mental, emosional, dan pengembangan bahasa selama Ayah dan Ibu bekerja di RSUD Daya Kota Makassar.

Menurut inovatornya Rima Kusumah Dewi, S.ST., M. Keb, ada 4 hal mendasar yang mendorong inovasi ini lahir yakni pertama, anak wajib terpenuhi asah-asuh-asuhnya dimana semua orang/institusi wajib brrkontribusi dalam pemenuhannya.

Kedua, imunitas anak masih sangat rentan untuk terkena penyakit, terlebih infeksi nosokomial dari lingkungan rumah sakit sehingga anak tidak diperkenankan selalu berada di lingkungan rumah sakit.

Ketiga, kerentanan dalam trauma psikologis ketika anak harus mendengar rintihan pasien yang kesakitan, alat-alat kesehatan yang tajam, darah, fase kedukaan dll.

Keempat, anak cenderung berada pada masa yang aktif dan rasa ingin tau yang tinggi sehingga lingkunganya harus mendukung. Anak tidak untuk dipaksa dikondisikan diam dan selalu tenang ketika Ayah/Ibu menginginkan keheningan demi kenyamanan pasien.

“Jampangi Anak’ta menawarkan program “Merdeka Bermain” untuk anak-anak pegawai RS, dibawah pengasuhan khusus anak difasilitasi untuk perkembangan fisik, sosial dan kemandiriannya”, ungkapnya.

Harapannya, lanjut dia, adalah ketika anak dalam kondisi yang aman, ibu/ayah dapat dengan maksimal memberikan pelayanan kepada pasien tanpa harus mengkhawatirkan anaknya selama bekerja. Begitu juga pasien yang sedang dirawat, mendapatkan kenyamanan.

“Seiring dengan waktu juga inovasi ini terus dikembangkan agar kebermanfaatanya menjadi lebih luas, salah satunya dengan Baksos Skrining kesehatan mata anak yang terbuka untuk umum, agar para orang tua diluar bisa juga memahami hal ini merupakan salah satu kewajiban berkala untuk memastikan mata anak sehat, lebih cepat mengenali jika ada penyimpangan/penyakit mata anak dengan mengenal layanan spesialisasi yang kami miliki di RS”, ujar Rima Kusumah Dewi.

Terpisah, Direktur RSUD Daya Kota Makassar, dr. H. Ahmad Asyarie sangat mendukung inovasi ini, karena bisa memberikan solusi untuk meningkatkan mutu yang kesehatan.

“Sejak hadir Jampangi Anak’ta terlihat adanya kepuasan dari pasien, orang tua sebagai karyawan juga bisa lebih fokus bekerja tanpa harus khawatir dengan anaknya tapi juga masih punya waktu misalnya makan siang bersama ditempat yang kita sudah sediakan. Harapannya inovasi ini bisa bermanfaat untuk semua”, tandasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *