Jambore PKK dan Expo UMKM, Naoemi Octarina Ingatkan Kader Kerja Cerdas, Ikhlas dan Tuntas

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Jambore PKK dan Expo UMKM 2023, di Kabupaten Luwu, 29 Agustus – 2 September 2023. Jambore yang dipusatkan di Lapangan Andi Djemma Belopa ini dibuka Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina, memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Ketua TP PKK Luwu atas terselenggaranya Jambore PKK ini disertai pameran UMKM. Termasuk kehadiran para kepala daerah dan Ketua TP PKK Kabupaten Kota se Sulsel, yang merupakan wujud komitmen yang tinggi terhadap kiprah gerakan PKK.

“Tentu saja kesuksesan acara ini tidak lepas dari kiprah gerakan PKK Kabupaten Kota hingga ke desa-desa, tentu saja sampai ke dasawisma,” kata Naoemi Octarina.

Ia berharap agar Jambore PKK ini memberi nilai manfaat yang besar bagi perkembangan dan kemajuan bagi gerakan PKK, yang tentu saja dimotori TP PKK Provinsi, Kabupaten Kota, hingga ke desa, dan tentu saja difasilitasi oleh berbagai lembaga dan instansi mitra kerja PKK.

Menurut Naoemi Octarina, penajaman 10 program PKK pada dasarnya tetap pada 10 program pokok PKK. Namun pastinya ada upaya konkrit dari masing-masing daerah sesuai dengan kebijakan dan kearifan lokal, bagaimana fokus dengan dukungan, kemauan dan kemampuan pengurus dalam implementasi di masing-masing daerah.

“Kemauan dan kemampuan pengurus ini tentu tidak akan mampu berjalan optimal jika tidak didukung oleh semangat kebersamaan dan penyamaan persepsi. Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Naoemi Octarina juga menyampaikan, Jambore PKK ini merupakan momentum buat kita semua para pengurus PKK dan kader untuk mendorong semangat dan gairah kerjasama para kader dan anggota TP PKK yang tersebar di semua jenjang wilayah Sulsel.

“Arena jambore merupakan wadah positif, ada lomba kerjasama tim, lomba per Pokja, edukasi dan seminar, itu bagaimana meningkatkan semangat dan kemampuan kita dan menjadi ajang silaturahmi dan meningkatkan gotong royong yang berkesinambungan, dan mendorong kemajuan kabupaten kota di Sulsel dalam berbagai kegiatan dan program pembangunan sebagai mitra pemerintah,” jelasnya.

Melalui Jambore PKK ini, Naoemi Octarina mengharapkan adanya peningkatan fungsi, kinerja gerakan PKK sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Manfaatkan teknologi untuk memudahkan kegiatan PKK.

“Seluruh kader PKK harus kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas. Mari memainkan peran kita sebagai mitra pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi,” imbuhnya.

Pembukaan Jambore PKK diwarnai dengan defile TP PKK Provinsi Sulsel dan Kabupaten Kota. Adapula penampilan Marching Band Stikes Datu Kamanre Binaan Pemda Luwu dibawah asuhan TP PKK Luwu. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *