Jadi Irup di HUT RI ke-74, Nurdin Abdullah : Indonesia Akan Semakin Baik

Kabarnusantaranews, Makassar;- Puncak peringatan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 Tingkat Sulsel, dilaksanakan di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (17/8).

Peringatan tahun ini mengangkat tema SDM Unggul Indonesian Maju, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah MAgr, dan Danyonif Raider 700/WYC Mayor Inf Hengki Vantriardo sebagai Komandan Upacara (Danup).

Gubernur berharap agar peringatan ini menjadi momentum agar Indonesia dan Sulsel menjadi lebih baik.

“Di usia 74 tahun Indonesia, tentu kita berharap Indonesia akan semakin baik. Indonesia tetap dalam kondisi aman dan damai,” kata Nurdin Abdullah.

Kemerdekaan diraih tidak mudah penuh dengan segala perjuangan. Banyak pahlawan yang gugur di medan perang, di medan perjuangan.

“Sebagai generasi-generasi penerus harus melanjutkan cita-cita perjuangan seluruh pendiri negeri ini,” sebutnya.

Apalagi, menurutnya, Indonesia telah dianugerahi kekayaan alam yang sangat melimpah. Tentunya Indonesia harus bangkit dan maju bersama melangkah bersama menuju cita-citanya.

Oleh karena itu, semua elemen bangsa ini harus bersatu padu membangun bangsa ini. Sumber daya alam harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Indonesia harus malu pada bangsa-bangsa lain yang minim sumber daya alam, tetapi bisa mensejahterakan seluruh rakyatnya.

Bagi Nurdin Abdullah, kuncinya adalah kembalikan pada filosofi lokal Sulsel, seperti sikap sipakatau dan sipakalebbi.

“Itu yang lebih penting bagi kita,” ucapnya.

Baginya, bahwa makna kemerdekaan adalah dengan sikap saling menghargai, saling menghormati satu sama lain, tidak saling merendahkan, saling mengangkat derajat.

“Saya kira itu makna dari pada pesan para leluhur kita, para perintis kemerdekaan ini. Tidak kah Bung Karno mengatakan, beri saya sepuluh pemuda, saya gentarkan dunia ini. Inikan luar biasa,” ujarnya.

Di momen kemerdekaan, Pemerintah Sulsel selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kita semua ini berkolaborasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat, menghadirkan fasilitas-fasilitas umum yang baik, kesejahteraan yang menjanjikan. Bagi masyarakat, satu yang penting, ada kepastian, bahwa ke depan ini kita akan semakin baik,” sebutnya.

Iapun menekankan, pentingnya kekompakan dan merapatkan barisan. “Ini untuk menghadapi tantangan yang lebih berat ke depan,” imbuhnya.

Hadir pada peringatan ini Forkopimda Sulsel, mantan Gubernur Sulsel dan juga para veteran.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *