Ini Pesan Datu Luwu Untuk 4 Kepala Daerah Se Luwu Raya

Kabar Nusantara News;- Datu Luwu XL La Maradang Mackulau Opu To Bau punya pesan penting saat Prosesi adat luwu Manre Saperra yang merupakan puncak acara “Matemmu Taung”yang dilaksanakan di Malangke, Kabupaten Luwu Utara 20 Januari 2018.Makassar(18/1/2018)

Pesan khusus untuk Kepala Daerah yang ada di Luwu raya mencakup 5 hal,berikut isi pesannya :

-Subsatansi acara ini adalah revitalisasi nilai “alebbireng” atau “kemuliyaan” yg selama ini dijunjung tinggi oleh Kedatuan Luwu.

-Alebbireng itu tercermin pada 3 hal: tidak silau oleh harta. Tidak tuli oleh jabatan. Dan tidak lumpuh oleh pujian.

-Sejak kekuasaan politik Datu berakhir setelah menyatakan dukungan pada NKRI pasca proklamasi, maka kekuasaan Datu telah beralih kepada lembaga2 negara yg ada di Luwu ( Bupati/walikota, DPRD, Kepolisian, Kejaksaan, Perguruan Tinggi, dll) dan kepada lembaga2 masyarakat yg membawa simbol2 dan nama Luwu.

-Lembaga2 inilah yg sekarang secara formal mengemban amanah sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Adapun Datu hanya berfungsi sebagai pemimpin dan simbol budaya.

-Oleh karena itu maka seluruh lembaga2 dimaksud betanggung jawab utk selalu menjadi suri teladan dari sikap dan tindakan yg: tidak silau oleh harta, tidak tuli oleh jabatan dan tidak lumpuh oleh pujian.

Kegiatan ini juga dihadiri Oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri,Anggota DPR RI Lutfi Andi Mutty dan beberapa pejabat daerah lainnya.

Penulis : Arh || Editor : Amir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *