Kabarnusataranews, Makassar– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi Agama UIN Alauddin Makassar, bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Studi Agama-Agama UIN Alauddin Makassar, mengadakan Sekolah Pendidikan Humanis dengan tema; Membentuk Karekter Dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Humanistik dan Religius yang dilaksanakan di Al Hikmah Institute, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (23/10/20).

Sekolah Pendidikan Humanis yang akan berlangsung selama 3 hari, Jumat 23 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2020. Akan mendalami materi yang erat kaitannya dengan pendidikan.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan membuka ruang literasi, bagi seluruh Mahasiswa sebagai wadah untuk mencari dan memperluas wacana dalam nilai-nilai humanistik dan religius sebagai suatu referensi.

Melihat kondisi sosial, pendidikan dan segala hal yang menyangkut interaksi sosial sangat terbatas, bahkan kegiatan yang menunjang nilai-nilai akedemis mengalami penurunan dewasa ini.

Sutriana, selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama, juga berharap kegiatan ini sebagai langkah awal untuk teman-teman yang haus akan ilmu pengetahuan.

“Maka dengan hadirnya sekolah ini bisa mengulang kembali apa yang menjadi konsep dari pendekatan humanis dan religius yang sangat mementingkan nilai-nilai kemanusiaan dalam setiap penghayatan dan pengalaman kehidupan beragama. Kemanusiaan itu sendiri tidak terlepas dari karakter dan kepribadian seseorang. Maka dari ketiga komponen dari karakter yaitu pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, dan bertindak untuk bermoral jika kemudian sudah terpenuhi maka perilaku seseorang jauh lebih baik lagi” tuturnya

Adapun harapan Syifa Maharani Ridhana dan Nur Mutmainah, selaku peserta sekolah pendidikan humanis ini adalah Ingin memanfaatkan semua ruang-ruang belajar agar bisa menjadi manusia yang sesungguhnya, karna terkadang kita lupa dari nilai-nilai kemanusiaan.

“Jadi saya berharap bisa menerapkan nilai-nilai kemanusiaan karna saya tidak pernah mendapatkan materi-materi ini di kampus dan saya tertarik dengan nilai-nilai humanistik dan bisa saling memanusiakan manusia” ujarnya

Kegiatan ini dihadiri kurang dari 20 peserta dari berbagai kampus yang ada di Pulau Sulawesi.(Mustaqim/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here