Harga Hand Sanitizer Selangit, KNPI Minta Penegak Hukum Bertindak

Kabarnusantaranews,Makassar ;- Seiring dengan banyaknya kasus pendemi Covid-19, sehingga permintaan masyarakat cukup tinggi dalam penggunaan alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer, Senin 23/03/2020.

Hal ini pun di manfaatkan sejumlah oknum untuk mencari keuntungan, dengan menimbun alat kesehatan tersebut dan menjual dengan harga selangit.

Menanggapi masalah tersebut, Nurkanita Maruddani Kahfi ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan meminta, kepada pihak yang berwenang untuk melakukan tindakan tegas terhadap masalah tersebut dengan menyatakan sikap :

1. Meminta kepada aparat yang berwenang dalam hal ini Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan untuk melakukan penindakan yang tegas serta memotong rantai penimbunan alkes.

2. Meminta kepada aparat terkait serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tempat-tempat Penyalur Alat Kesehatan (PAK) termasuk penjual eceran dan distributor terutama di sejumlah daerah dengan tingkat permintaan alkes yang tinggi.

3. Meminta kepada aparat-aparat pemerintah yang terkait untuk bersama-sama mengawal penerapan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 4 tahun 2014 tentang Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB)

4. Meminta kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjamin ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga-tenaga medis, masker dan hand sanitizer baik di seluruh daerah yang terdampak Covid-19 di Sulawesi Selatan.(rls/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *