Hak Angket DPRD Sulsel di Setujui, Arqam Azikin : Sudah Sepatutnya

Kabarnusantaranews, Makassar;- Pengamat Politik dan Kebangsaan Arqam Azikin menanggapi penyetujuan Hak Angket DPRD Sulsel terhadap Gubernur Sulsel.

Menurutnya, Hak angket yang di setujui siang tadi memang sudah sepatutnya dilakukan oleh DPRD Sulsel.

“Mencermati tadi sidang Paripurna DPRD Sulawesi Selatan yg dipimpin Ketua DPRD HM.Roem dan hadirnya 64 Anggota dewan semakin memberikan “sinyal politik” bahwa Hak Angket memang sepatutnya disetujui.”Ungkapnya melalui Whatt’s App, Senin, 24 Juni 2019.

“Mendengarkan argumentasi dasar pengajuan Hak Angket DPRD juga menurut saya sudah tepat,karena minimal ada dua hal tadi yakni Dugaan pelanggaran Undang-undang dan Peraturan lainnya serta terjadinya Dualisme Kepemimpinan di Pemprov Sulsel.”Imbuhnya.

Mengacuh kedua hal tersebut, Lanjut Akademisi Universitas Muhammadiyah ini menjelaskan jika sepantasnya Hak Angket berlanjut untuk Penyelidikan keterlibatan siapapun dibalik kejadian Dugaan pelanggaran UU dan Dualisme pengambilan keputusan yang membuat ” pemprov gaduh” di tengah belum jelasnya arah Pembangunan selama Gubernur dan Wagub memimpin Sulsel 10 bulan ini.

Suasana sidang paripurna Dprd Sulsel membahas APBD 2018-2023 (Foto/hms)

“Kehadiran saya secara langsung di Ruang rapat paripurna siang tadi, sekaligus ingin mencermati langsung isi Dasar Pengajuan Hak Angket dan konsistensi teman-teman anggota dewan sebagai wakil rakyat dalam menjalankan fungsi pengawasan kepada eksekutif.”Lanjutnya.

Ia pun menilai, keputusan menyetujui Hak angket ini harus di apresiasi demi transparansi pemerintahan Gubernur Sulsel.

“Kita patut apresiasi Keputusan paripurna DPRD Sulsel siang ini, agar transparansi Gubernur Sulsel menjalankan pemerintahan dapat terbuka ke masyarakat terlebih hal-hal keputusan strategis, karena jangan sampai ada “makelar politik” yang ikutan mempengaruhi jalannya roda Pemerintahan Daerah.” Tutupnya.(sf/arh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *