Hadiri HUT Ke-73 Tahun Polairud, Pj Gubernur Bahtiar Ajak Jaga Perairan Sulsel

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Sulsel ke-73 tahun, di Markas Polairud Polda Sulsel, Jumat, 1 Desember 2023.

Sebelum dimulainya acara, Pj Gubernur Sulsel bersama Kapolda Sulsel, dan Direktur Polairud Polda Sulsel, meninjau langsung hasil penanganan perkara illegal fishing Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Sulsel tahun 2021, 2022, dan 2023. Diperlihatkan barang bukti yang disita Polairud Polda Sulsel, seperti mesin kompresor, kacamata, sepatu katak, pupuk ammonium nitrate, selang dan regulator.

Pj Gubernur Bahtiar mengucapkan selamat ulangtahun untuk Polairud. Pada momentum tersebut, ia mengajak Polairud Polda Sulsel untuk sama-sama menjaga perairan Sulsel, baik di pantai timur dan pantai barat Sulsel.

Bahtiar mengungkapkan, saat ini laut Sulsel sudah hampir tidak memiliki terumbu karang yang bagus sebagai tempat ikan berlindung.

“Kepada seluruh jajaran Polairud Polda Sulsel agar sama-sama menjaga perairan, terutama di perairan pantai timur. Pasalnya, pantai timur merupakan raksasa ekonomi yang sedang tidur, karena jalur laut hanya fokus pantai barat saja selama ini,” terangnya.

“Ini juga saya sampaikan di jajaran, personil pengamanan di pantai barat, karena di sana jalur berdagang dari ratusan tahun lalu. Pantai timur dari Sinjai sampai Luwu Timur itu tidak ada penjagaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, telah menyiapkan lahan untuk pembangunan pos Polairud di pantai timur Sulsel. Karena ini adalah jalur yang memiliki kekuatan secara ekonomi. Apalagi saat ini ada pengembangan industri baru di Sulsel.

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya bisa mengenakan baju milik Polairud, yang memiliki makna tersendiri bagi dirinya.

“Makasih banyak bajunya, saya bangga sekali pakai baju ini. Terimakasih kepada teman-teman Polda Sulsel sudah banyak membantu selama ini,” ucapnya.

Sementara, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso mengucapkan terimakasih kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin sudah banyak berpartisipasi bersama Polda Sulsel, terkhusus Polairud Polda Sulsel.

“Terimakasih kepada Bapak Gubernur Sulsel yang sudah banyak mengapresiasi Polairud Polda Sulsel,” ucapnya.

Untuk itu ia mengajak seluruh jajaran Polda Sulsel sama-sama mensupport program-program Pemprov Sulsel, karena semua elemen termasuk kepolisian hadir untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Ini banyak program yang dijalankan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan harus kita dukung semua, karena kehadiran kita semua disini dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Kapolda. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *