Hadapi Musim Penghujan, DPU Makassar Mulai Benahi Sistem Drainase Perkotaan

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Menyikapi mendekatnya musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah memulai proyek pembangunan dan rehabilitasi sistem drainase perkotaan.

Berbagai lokasi strategis di kota ini menjadi fokus utama dalam upaya untuk meminimalkan risiko banjir dan genangan air yang seringkali terjadi selama musim hujan.

“Kami menyadari betapa pentingnya sistem drainase yang efektif dalam menjaga kota ini tetap aman dari dampak musim hujan yang mungkin parah. Oleh karena itu, kami melakukan langkah-langkah nyata untuk memastikan bahwa infrastruktur drainase perkotaan kami berfungsi dengan baik”, ungkap Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir, Selasa (26/9/2023).

Beberapa lokasi yang mendapat perhatian khusus dalam pembangunan dan rehabilitasi sistem drainase perkotaan termasuk daerah pusat kota, perumahan padat penduduk, dan daerah yang secara historis rentan terhadap banjir.

Proyek ini mencakup pembersihan dan perbaikan saluran air, pembangunan saluran baru, dan peningkatan kapasitas sistem drainase yang ada.

Dinas PU Makassar juga berkolaborasi dengan pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan komunitas setempat, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tindakan pencegahan banjir.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur perkotaan demi kenyamanan dan keamanan warga Makassar. Ini adalah langkah proaktif kami untuk menjaga kota ini tetap tahan terhadap musim hujan yang mungkin datang dengan intensitas tinggi”, tegas Kadis PU.

Dengan proyek ini, Dinas PU Makassar berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi penduduk kota, serta mengurangi dampak buruk yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem selama musim hujan. (*)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *