Elektabilitas 0,5 Persen, PSI Terancam Tidak Lolos Ambang Batas Parlemen

Kabar Nusantara News;- Untuk kesekian kalinya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak Lolos ambang batas parlemen 4 persen versi Lembaga Survei.Jakarta (29/03/2019)

Kali ini, lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mengumumkan hasil surveinya Kamis,28 Maret yang menyatakan PSI terancam tidak lolos Parlementary trheeshold (PT).

Partai yang diketuai oleh Grace Natalie tersebut hanya mampu meraup 0,5 persen elektabilitas, jauh ditinggal Partai Perindo yang mencapai 1,1 Persen.

Sementara Partai dengan Elektabilitas tertinggi di raih oleh Partai Demokrat (25,9 persen),Gerindra (13,3 persen), dan PKB (7 persen).

Peneliti CSID Arya Fernandes mengungkapkan bahwa partai kecil kemungkinan masih bisa mendapatkan dukungan pemilih karena di pengaruhi cukup tinggi responden yang merahasiakan pilihannya.

“Terutama di partai menengah dan kecil,” kata Arya saat mengumumkan hasil survei CSIS di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2019.

Survei CSIS itu dilakukan pada 15-22 Maret 2019 dengan jumlah sample sebesar 1.960 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Margin of error survei ini sebesar +/- 2,21 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sedangkan jumlah mereka yang belum menentukan pilihan sebanyak 3,2 persen dan yang tidak menjawab atau menjawab rahasia sebanyak 18,2 persen.(**)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *