Dukung UMKM Naik Kelas, Pegadaian Salurkan KUR Syariah dengan Tarif Lebih Murah

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Dalam Rangka Akselerasi Bisnis Tahun 2023, Pegadaian Kanwil Makassar terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan pembiayaan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah yang bisa diakses oleh para pelaku usaha super mikro.

KUR Syariah merupakan fasilitas pinjaman yang di berikan oleh PT. Pegadaian kepada nasabah yang memiliki usaha produktif untuk digunakan sebagai dana pengembangan usahanya.

Limit nominal pinjaman yakni 1 Juta hingga Rp10 juta dengan jangka waktu yang dapat dipilih mulai dari 12 hingga 36 bulan dan tanpa jaminan.

Pemimpin Wilayah PT. Pegadaian Kanwil Makassar, Edy Purwanto menjelaskan bahwa biaya pengelolaan (mu’nah) dari KUR Syariah Tahun ini turun dari 6 persen menjadi 3 persen per tahun dimana ini sangat terjangkau untuk pelaku usaha super mikro dalam mengembangkan usahanya.

Akses pelayanan KUR Syariah ini seiring dengan tujuan program pemerintah, yaitu mempermudah pelaku usaha super mikro untuk mengakses permodalan, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja dengan harapan turut membawa pemulihan ekonomi buat Indonesia.

“Komitmen kami untuk selalu memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha mikro, dan UMKM untuk mendapatkan produk pembiayaan yang tepat, cepat dan pastinya aman. Pembiayaan KUR Syariah ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha pemula untuk mengembangkan usahanya pada tahap awal hingga dapat “naik kelas” seiring dengan perkembangan usahanya”, ujarnya, Jumat (3/3/2023).

Pegadaian Kanwil Makassar menargetkan untuk Penyaluran KUR Sebesar 276 M dengan total UMKM yang dilayani sekitar 50 ribu nasabah.

Untuk pengajuan KUR Syariah dapat diakses di 403 outlet di wilayah Kanwil Makassar atau melalui Agen Pegadaian yang terdekat.

Lalu bagaimana cara pengajuan KUR Syariah di Pegadaian?

  • Datang ke cabang Pegadaian terdekat membawa syarat-syarat dan dokumen yang diperlukan lalu mengisi form pengajuan.
  • Dokumen dan form diserahkan kepada petugas Pegadaian.
  • Petugas Pegadaian akan melakukan survei usaha.
  • Jika disetujui, maka langsung menandatangani akad atau perjanjian KUR Syariah.
  • Uang pinjaman akan langsung cair. Kemudian mengangsur sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Informasi lebih lanjut mengenai KUR Syariah bisa dilihat di situs Pegadaian, melalui call center Pegadaian di nomor 1500 569, atau follow Instagram @pegadaiankanwilmakassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *