Kabarnusantaranews,Makassar;– Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengolahan Air Limbah (UPTD PAL) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kota Makassar telah bekerjasama dengan 7 perusahaan penyedotan tinja swasta.

Kini, pendaftaran penyedotan tinja sudah bisa melalui aplikasi Go-Sedot Makassar yang bisa di download melalui play store yang sebentar lagi akan launching ke seluruh masyarakat kota Makassar.

Hal itu disampaikan Kepala UPTD PAL DPU Makassar, Kerlinus Bumbungan saat menjadi narasumber pada acara Talk Show USAID IUWASH PLUS SSEI Sulsel, di Hotel Four Point, Makassar, Selasa (6/4).

Talk Show yang bertema “Melangkah Bersama Menuju Kemandirian Bersama Air Minum, Sanitasi dan Perilaku Higiene yang Berkelanjutan” ini bertujuan untuk mempresentasikan hasil pendampingan program IUWASH PLUS selama 5 tahun kepada pemerintah kabupaten/kota, masyarakat, lembaga donor dan NGO di 4 lokasi pendampingan di provinsi Sulsel.

Dalam pemaparannya, Kerlinus menerangkan terkait bagaimana cara promosi dan layanan pelanggan dengan adanya hastag ‘Tetangga Panutan’.

“Pengelolaan yang dilakukan pada IPAL Komunal misalnya pembinaan kelembagaan kepada pengelola IPAL Komunal, sosialisasi kepada para pemanfaat IPAL Komunal tersebut serta monitoring setiap bulan mengenai kondisi IPAL Komunal diseluruh lokasi yang ada di Kota makassar,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Kerlinus, sarana prasarana air limbah menjadi tanggung jawab bersama, pemerintah, pihak swasta dan masyarakat.

“Peningkatan akses air minum dan sanitasi air limbah bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi menjadi semua pihak seperti pihak swasta, dan masyarakat pun turut berperan aktif,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here