DPPKB Makassar Kontrol Ketersediaan dan Distribusi Alkon Via Aplikasi SIRIKA

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Makassar tengah menerapkan program dari BKKBN pusat yaitu SIRIKA.

SIRIKA yang dimaksud itu ialah sebuah aplikasi Sistem Informasi Rantai Pasok Alkon, yang merupakan inovasi dalam proses pengolahan data pelaporan logistik dan pengelolaan di gudang secara digital.

Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinas PPKB, Isnada mengatakan tahun ini jumlah Faskes yang saat ini telah bekerjasama dengan Dinas PPKB yaitu sebanyak 110 Faskes.

“Melalui sistem ini kami bisa mengetahui berapa ketersediaan stok Alkon, penggunaannya dan kebutuhannya berapa, sehingga dari situ kami jadikan dasar untuk membuat resensi untuk penyaluran distribusi Alkon untuk bulan berikutnya”, terang Isnada di Makassar, Kamis (29/9).

Selanjutnya mengenai sistem penyaluran distribusi Alkon, kata Isnada, para Faskes wajib melakukan pelaporan setiap bulan, melaporkan keadaan Alkon yang masih tersedia.

“Yang paling penting kami tekankan pada peserta ialah pencatatan pelaporannya, karena itu dasar kami untuk mengetahui berapa sisa Alkon di sana. Kita bekerjasama dengan petugas dilapangan, ada Kepala UPT dan penyuluh KB yang setiap bulannya menjemput laporan yang mereka buat”, katanya.

“Selanjutnya laporan itu akan diinput lagi di aplikasi New Siga BKKBN soal bagaimana hasil pelayanannya, soal ketersediaan alat Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti IUD dan Impan KB dan Non MKJP sepeti Kondom, Pill dan Suntik. Jadi semua itu harus terlapor”, tandasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *