Dorong Penggunaan Produk Lokal, Disdag Makassar Sasar Lorong Wisata

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Dinas Perdagangan (Disdag) kota Makassar menggelar sosialisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri kepada para pelaku usaha di Lorong Wisata (Longwis) Makassar. Acara ini berlangsung di Hotel Ramedo, Selasa (13/9/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Disdag Makassar, Arlin Ariesta mengatakan, acara sosialisasi tersebut digelar sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi terkait upaya percepatan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia.

“Melalui sosialisasi ini, kita mendorong seluruh pelaku usaha dan masyarakat untuk melakukan upaya-upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri, baik dari proses produksinya maupun pemasaran”, tutur Arlin.

Orang nomor satu di Disdag Makassar ini menyebutkan, dalam peningkatan penggunaan produk juga dibutuhkan peran masyarakat, baik bagi para konsumen untuk menguatkan pertumbuhan ekonomi lokal khususnya.

Olehnya itu, kata Arlin, dengan program stratergis Pemerintah Kota Makassar yakni ‘Lorong Wisata’, pihaknya menyasar semua pelaku-pelaku usaha di longwis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penggunaan produk-produk lokal yang ada di lorong.

“Kita lakukan upaya kurasi pengembangan peningkatan kapasitas, begitu juga peningkatan kualitas baik dari produksi maupun pemasaran, sehingga ini nantinya menjadi suatu kekuatan perputaran ekonomi lokal di kota Makassar”, terangnya.

Kadis menambahkan, ditahun 2022, sosialisasi peningkatan penggunaan produk lokal ini akan dilaksanakan 10 kali, dengan target 50 orang peserta yang merupakan pelaku UMKM di lorong wisata.

“Jadi ini sosialisasi yang ke-4, dan kita hadirkan narasumber dari berbagai kalangan mulai dari manajemen wirausaha, akademisi begitu juga dari BUMN dan Perbankan untuk mengedukasi mereka dalam pengelolaan finansial termasuk penggunaan digitalisasi pemasaran”, ujar Arlin.

“Terkhusus kita ingin melakukan upaya-upaya pemberdayaan wawasan pengetahuan secara paripurna, bagaimana UKM ini dapat naik kelas dan dapat lebih baik lagi”, tandasnya. (Er)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *