Diskominfo Kota Makassar Gelar Seminar Hubungan Pemerintah dan Media

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kominfo Kota Makassar menggelar seminar hubungan pemerintah kota Makassar dengan tema efektifitas pemerintah pemanfaatan relasi media dalam sosialiasi ide dan program di Hotel Aston Makassar, Kamis 3 November 2022.

Seminar tersebut menghadirkan puluhan media, baik online, cetak dan elekronik ini menghadirkan tiga orang pemateri, masing-masing, AS Kambie (media), Maqbul Halim (pemantau media), dan Mahyuddin (Kadiskominfo) Makassar.

Wali Kota Makassar yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Sittiara Kinang mengatakan peran media sangat penting di dalam menyebarluaskan program yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Makassar.

“Media memiliki peranan sangat penting, dalam rangka menyajikan seluruh informasi yang baik, positif dan membangun daerah. Kami berterimakasih kepada media atas kerjasama yang terjalin selama ini,” tuturnya.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan media selama ini dan tentunya berharap dukungan ini dapat terus berlanjut ke depan,” sambungnya.

Pembicara pertama, AS Kambie menyampaikan sejumlah kebutuhan media dari pemerintah. Beberapa diantaranya kata dia seperti konfirmasi, berita original, bukan rilis seragam, berita yang lengkap, pencantuman foto khusus.

“Selain itu, pemerintah juga harus melengkapi keterangan foto dengan benar, terdiri dari dua kalimat, kemudian buat secara singkat tapi lengkap serta pentingnya kerjasama iklan,” bebernya.

Sedangkan Maqbul Halim (pemantau media) dalam penjelasan materinya juga menyampaikan beberapa ulasan, salah satunya jenis-jenis relasi terhadap media.

“Jenis-jenis relasi terhadap media itu seperti leadership sebagai relasi kuasa, kelembagaan sebagai relasi kelembagaan, jaringan sosial yakni relasi pertemanan, serta ruang publik yakni relasi floating,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Mahyuddin berharap melalui seminar hubungan antara pemerintah dengan media ini dapat bersinergi, khususnya dalam menyebarkan informasi terkait program pemerintah.

“Kita berharap dengan adanya seminar hubungan pemerintah dengan media ini, diharapkan tetap terjaga dengan baik,” bebernya.

Bukan itu saja, dijelaskan pula kalau keterlibatan media dalam memberitakan program-program pemerintah sangat penting. Sehingga masyarakat dapat mengetahui upaya yang telah dan akan dilakukan pemerintah dalam membangun Kota Makassar.

“Bagaimana membentuk sinergitas yang baik antara media dan OPD serta perusahaan daerah, karena peran media dalam memberitakan program-program pemerintah itu sangat penting sehingga bisa tersampaikan kepada masyarakat,” urainya.

“Pemerintah Kota Makassar juga dapat terbantu dalam program seperti Lorong Wisata bisa dikenal masyarakat Sulawesi Selatan sampai ke tingkat nasional. Dengan peran media di dalamnya maka lorong wisata ini bukan hanya dikenal di Kota Makassar, saja, tapi terkenal hingga di tingkat nasional, karena peran media yang memberitakan program strategis dari Kota Makassar ini,” tandas mantan Camat tersebut. (Hms/Diskominfo)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *