Disdik Makassar Edukasi Siswa Mengenai Kebencanaan

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Sulawesi Selatan memberikan pengenalan mitigasi bencana kepada para siswa di daerah itu sebagai antisipasi terjadinya bencana alam, khususnya saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini.

Kepala Disdik Kota Makassar Muhyiddin di Makassar, Sabtu, mengatakan pentingnya memberikan edukasi kebencanaan kepada siswa agar saat terjadi bencana, seperti banjir, mereka sudah bisa mengetahui apa yang harus dilakukan agar tidak panik.

Ia mengatakan upaya mitigasi yang perlu rutin dilakukan seperti bagaimana guru dan siswa untuk terus waspada. Guru dan siswa juga harus sudah mengetahui lokasi evakuasi jika terjadi bencana, misalkan di dalam kelas atau lapangan terbuka.

“Kita juga sudah mengingatkan kepada setiap sekolah untuk lebih waspada dan melibat perkembangan perkembangan cuaca di musim penghujan,”ujarnya.

Ia menjelaskan beberapa sekolah memang cukup rutin tergenang di Makassar saat hujan turun dengan intensitas tinggi. Beberapa sekolah yang kadang terdampak itu di antaranya SMPN 19 Manggala, SMPN 37 Cambayya Kecamatan Ujung Tanah dan SMPN 26 Makassar

Untuk sekolah lainnya, kata dia, juga biasa tergenang namun hanya sampai di lapangan atau tidak sampai masuk ruangan kelas.

“Secara umum kita sudah imbau agar lebih waspada terhadap cuaca ekstrem. Namun jika bencana tiba-tiba datang, maka mitigasi kita langsung perintahkan kepada seluruh siswa untuk langsung pulang ke rumah masing-masing,” jelasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *