Dinas PU Bina Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat IPAL Komunal di Paropo

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan pembinaan Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat IPAL Komunal di Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang, Senin (8/5/2023).

Dalam giat tersebut dihadiri oleh Kepala UPT BLUD PAL Dinas PU Makassar Hamka Darwis beserta staf, Ketua dan Pengurus Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Sejahtera dan Warga masyarakat pengguna IPAL Komunal.

Hamka menyampaikan, bahwa kegiatan ini dalam rangka melakukan pembinaan SDM dan kelembagaan KPP agar IPAL Komunal yang dikelola dapat berfungsi dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh warga pengguna IPAL komunal dan warga sekitarnya.

“Ini adalah kegiatan rutin yang kami selenggarakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk memastikan bahwa IPAL komunal yang dikelola oleh KPP benar-benar berfungsi dengan baik, oleh karenanya kami melakukan pelatihan kepada SDM pemanfaat IPAL komunal tersebut”, katanya.

“Dan juga kami ingin mendengar langsung kendala dan masalah yang dihadapi oleh KPP dalam melakukan pemeliharaan IPAL komunal,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KPP Sejahtera (A. Sofyan Abdullah) menyatakan kegembiraannya dalam pembinaan yang dilakukan DPU Makassar.

“Kami sangat senang karena dinas PU melakukan kegiatan seperti ini dan kegiatan ini bisa menjadi wadah kami dalam menyampaikan permasalahan IPAL komunal yang kami kelola”, ucapnya.

“IPAL komunal kami melayani 27 sambungan rumah dan mewakili warga pengguna IPAL komunal sangat berharap ada bantuan berupa perbaikan beberapa penutup manhole IPAL yang sudah rusak”, tutupnya.

Kegiatan berjalan dengan baik dimana masing-masing peserta yang hadir menyampaikan kendala dan masalah yang dihadapi dalam melakukan pemeliharaan IPAL komunal.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *