Dinas Kesehatan Kota Makassar Fokus Menekan Angka TBC

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar fokus untuk menekan (mengeliminasi) penyakit Tuberkulosis (TBC) di perkantoran di daerah setempat melalui aplikasi Sobat TB.

Kepala Dinkes Makassar Nursaidah Sirajuddin di Makassar, Minggu, mengaku pihaknya melakukan upaya untuk mendukung program pemerintah tentang penanggulangan TBC di perkantoran.

“Aplikasi Sobat TB bertujuan untuk menjaring atau melakukan skrining pasien yang kemungkinan terpapar TB. Apalagi, TBC merupakan penyakit menular, sehingga jika terdeteksi segera kita lakukan pengobatan,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) serta camat hingga kelurahan untuk memaksimalkan deteksi dini di kantor masing-masing, mendorong aparatur sipil negara (ASN0 untuk menggunakan aplikasi Sobat TB agar bisa memantau dan melakukan antisipasi jika terdeteksi.

“Sudah lama kita lakukan penanggulangan TBC di perkantoran. Apalagi, ini kebijakan pusat, sehingga harus didorong dan disukseskan,” ucapnya.

Dalam memperkuat koordinasi dan sinergi, Dinkes Makassar juga telah melakukan pertemuan Monthly Interim Cohort Analysis (MICA) untuk memaksimalkan pemantauan kohort pasien TBC. Pihaknya terus mendorong lahirnya inovasi-inovasi untuk meningkatkan penemuan kasus TB di daerah itu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *