Camat Ujung Pandang Tinjau Kondisi Taman Kota Pattimura

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Camat Ujung Pandang Syahrial Samsuri, S.IP., M.M., turun langsung meninjau kondisi Taman Kota Taman Pattimura di Jln.Pattimura RT.002/RW.003 Kelurahan Baru, Kamis (2/3/2023) pukul 15.00 Wita sore.

Dari sana, Camat Syahrial yang ditemani Kasie Kebersihan Kecamatan Ujung Pandang Muh Guntur melanjutkan ke Taman Kota Taman Macan di sebelah Timur, berjarak sekitar 10 meter dari Taman Pattimura.

Untuk diketahui, kunjungan Camat Syahrial di Taman Macan ini adalah kunjungan kedua dari kunjungannya yang pertama pada Jumat (17/2/2023) lalu.

Banyak masalah yang ditemukan dari dua taman kota ini, seperti keramik dan batako lantai untuk pejalan kaki pecah atau terlepas, tanaman kurang tertata dan terawat, dan lain-lain.

“Ke depan kami akan lakukan pembenahan, merawat, menata dan mempercantik semua taman yang ada di Kecamatan Ujung Pandang sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya”, kata Camat Ujung Pandang Syahrial Syamsuri.

Taman kota memiliki fungsi ekologis dan sosial. Dari sisi ekologis taman kota dapat membantu memproduksi udara sehat melalui fotosintesis pepohonan.

Di samping itu, pepohonan taman kota dapat membantu tanah menyerap air sehingga dapat memperlambat terjadinya banjir pada cuaca ekstrem.

Dari sisi sosial, taman kota membantu warga melakukan interaksi sosial dengan nayaman, baik melalui kegiatan olahraga, seni, music, kegiatan belajar botani, dan lain-lain.

Karena itu, taman kota mesti mendapat pemeliharaan dan perawatan yang intens dan ini membutuhkan petugas taman.

Terkait petugas taman, Lurah Baru Fajar Harianto mengatakan, pihak kelurahan mendapat bantuan tenaga petugas taman sekitar 10-11 orang.

“Kira-kira antara 10 atau 11 petugas taman disediakan oleh pihak kecamatan dan mereka ini bukan satgas kebersihan. Mereka ini tersendiri di luar satgas kebersihan”, tutur Fajar. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *