BPD Sulselbar Gelar Uji Coba DRP, Pastikan Keamanan Data dan Operasional Bank

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Bank Sulselbar akan menggelar uji coba Rencana Pemulihan Bencana (DRP) pada Sabtu-Minggu, 25-26 November 2023. Uji coba ini dilakukan untuk memastikan keamanan data dan keberlangsungan operasional bank.

Humas Bank Sulselbar, Hartani mengatakan, uji coba DRP ini sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor: 11/POJK.03/2022 Tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum Pasal 18 Ayat 3.

“Bank wajib melakukan uji coba atas Rencana Pemulihan Bencana terhadap seluruh aplikasi dan infrastruktur yang kritikal sesuai hasil analisis dampak bisnis paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun dengan melibatkan pengguna TI,” kata Hartani dalam keterangan tertulisnya.

Hartani menambahkan, uji coba DRP akan dilakukan secara offline dan online. Untuk uji coba secara offline, bank akan melakukan simulasi pemadaman listrik dan gangguan jaringan internet. Sedangkan untuk uji coba secara online, bank akan melakukan simulasi serangan siber.

“Kami mohon maaf jika terjadi ketidaknyamanan dalam bertransaksi selama uji coba DRP berlangsung,” ujar Hartani.

Uji coba DRP ini akan melibatkan seluruh karyawan Bank Sulselbar, termasuk karyawan di kantor cabang dan kantor kas. Uji coba ini juga akan melibatkan pihak-pihak terkait, seperti penyedia jasa teknologi informasi dan keamanan siber.

Bank Sulselbar berharap, uji coba DRP ini dapat berjalan lancar dan dapat meningkatkan kesiapan bank dalam menghadapi bencana.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *