Bedah Buku Birokrasi Modern, Unhas Makassar dan Mahkamah Konstitusi RI Gelar Dialog

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin Makassar dan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia menggelar dialog Bedah Buku yang berjudul ‘Birokrasi Modern, Hakikat, Teori dan Praktik’.

Bedah Buku yang digelar melalui Hybrid (secara daring dan tatap muka) dilaksanakan Jum’at (5/8/2022) di Gedung Promosi Doktor Prof. Mr. Dr. Andi Zainal Abidin Farid Lantai III Fakultas Hukum Unhas.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Hamzah Halim menuturkan, kolaborasi karya penulis Prof Dr Guntur Hamzah Halim yang merupakan Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi RI dan Prof Dr Ria Mardiana Guru Besar Manajemen SDM FEB Unhas merupakan sebuah oase literatur di tengah keringnya pengetahuan di bidang birokrasi melalui Informasi, Komunikasi dan Teknologi (ICT).

“Buku ini memberikan informasi yang komperehensif dan sangat menarik mengenai penerapan birokrasi modern dalam rangka mewujudkan lembaga Mahkamah Konstitusi sebagai peradilan modern dan dipercaya informasi penting mengenai apa yang telah dilakukan MK (Mahkamah Konstitusi) pada aspek dukungan penanganan perkara berbasis ICT dijelaskan secara detail dan terbuka dalam buku ini”, kata Prof Hamzah Halim.

Hal yang menarik dari Buku Birokrasi Modern ini, sambung Prof Hamzah Halim, sebab ada pendekatan pengetahuan baru yang dijabarkan secara terperinci dengan metode dan uraian.

Tidak berbasis teori, melainkan praktik lapangan di pelayanan publik sehari-hari di Mahkamah Konstitusi yang digerakkan dan dikerjakan oleh segenap aparatur yang membidangi semua sistem kerja.

Prof Guntur Hamzah Halim, kata Dekan Fakultas Hukum Unhas merupakan birokrasi sekaligus praktisi yang sangat berkonsentrasi terkait pengembangan sistem ICT.

“Beliau sangat ‘concern’ terkait hal tersebut. Beliau terlibat langsung ‘day by day’ dan mengetahui persis ‘soup and nuts’ dapur ICT dan birokrasi Mahkamah Konstitusi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, monitoring dan pengembangan sistem ICT tidak mengherankan jika beliau menuangkan pengalamannya di buku ini”, pungkasnya.

Hal serupa juga dikatakan Prof Hamzah Halim kepada Prof Ria Mardiana. Menurutnya, Prof Ria Mardiana seorang Guru Besar Manajemen SDM dan Aset Intelektual yang mewakafkan diri untuk berkonsentrasi dalam sistem pengembangan SDM khususnya Transformasi Budaya Digital.

Akhir sambutan, Prof Hamzah Halim mengatakan, sebuah kebanggaan bagi Fakultas Hukum, bagaimana tidak, Kampus Unhas kedatangan seorang tokoh peraih Anugerah Bintang Jasa Naraya dari Presiden Republik Indonesia yang sekaligus menjadi penulis Buku Birokrasi Modern: Hakikat, Teori dan Praktik.

“Selamat juga kepada Prof Dr Guntur Hamzah atas Anugerah Bintang Jasa Naraya oleh Presiden RI atas prestasi, dedikasi dan profesionalitas yang ditunjukkan selama ini. Selamat juga Prof masuk dalam jajaran top 10 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Teladan Tahun 2021”, tutupnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *