Bank Sulselbar Serahkan KUR Budidaya Pisang ke Kelompok Tani

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Bank Sulselbar menyerahkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Budidaya Pisang kepada Kelompok Tani di Makassar, Senin (12/12).

Penyerahan ini dilakukan dalam rangka mendukung program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk meningkatkan produktivitas pisang.

Kabag Humas Bank Sulselbar, Hartani, mengatakan bahwa penyaluran KUR Budidaya Pisang ini merupakan komitmen Bank Sulselbar untuk mendukung program-program pemerintah, khususnya di bidang pertanian.

“Kami berharap dengan penyaluran KUR ini, Kelompok Tani dapat meningkatkan produktivitas pisang dan kesejahteraan masyarakat,” kata Hartani, Selasa (12/12/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengatakan, pihaknya siap mengkoordinasikan dengan pihak perbankan untuk mendukung dan menggerakkan sektor prioritas di Sulsel.

“Kami akan mendorong sektor perbankan untuk menggerakkan sektor prioritas dari sisi permodalan baik dari skema bisnis mungkin dari skema KUR dan skema pembiayaan lainnya,” kata Mahendra.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin mengatakan, pihaknya mendorong program prioritas menanam pisang yang menyasar masyarakat untuk menjalankan usaha, sekaligus memanfaatkan lahan tidur.

“Untuk mendukung program itu, penyaluran pembiayaan melalui perbankan, jaminan kredit dengan asuransi serta jaminan kesehatan bagi pelaku usaha sudah disalurkan,” katanya.

Dia mengatakan, untuk menjalankan usaha di sektor pertanian, khususnya menggeluti tanaman pisang yang memiliki nilai ekonomi tinggi, masyarakat diminta memanfaatkan lahan di sekitar rumah ataupun lahan yang terbengkalai atau tidak kelola.

“Karena itu, saya mengimbau masyarakat Sulsel untuk serius menyukseskan program prioritas ini,” ujar Bahtiar.

Penyerahan KUR Budidaya Pisang ini merupakan salah satu upaya Bank Sulselbar untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan produktivitas pisang dan kesejahteraan masyarakat.

Bank Sulselbar berharap dengan penyaluran KUR ini, Kelompok Tani dapat meningkatkan produktivitas pisang dan kesejahteraan masyarakat. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *