Bank Sulselbar Komitmen Dukung Sistem Digitalisasi Keuangan

Kabar Nusantara News, MAMUJU – Bank Sulselbar bersinergi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pemprov Sulbar beserta Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat menghadiri agenda High Level Meeting TP2DD dan Capacity Building Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah Se-sulawesi Barat Tahun 2023, di Graha Sandeq, Kamis 21 September 2023.

Kegiatan High Level Meeting TP2DD ini turut dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh; Dirjen Bina Keuangan Daerah, Agus Fatoni; Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Gunawan Purbowo; dan Kepala DJBP Sulbar, Tjahjo Purnomo; serta seluruh pemimpin OPD di ruang lingkup pemda se-Provinsi Sulawesi Barat.

Dirut BPD Sulselbar, Yulis Suandi, pada kesempatan tersebut turut menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap implementasi KKPD dan percepatan Integrasi SIPD dengan sistem keuangan Bank Sulselbar untuk menciptakan pengelolaan keuangan digital yang akuntabel serta transparan.

Sehingga memberikan kemudahan layanan bagi seluruh stakeholder. Dirjen Dirjen Bina Keuangan Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni mengapresiasi langkah Pemprov Sulbar yang terus mendorong digitalisasi melalui sinergi dengan Bank Pembangunan Daerah sebagai mitra pembangunan daerah untuk menciptakan penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel dan transparan. Hal ini menjadi tonggak dalam mempercepat realisasi APBD.

Agus mengatakan, digitalisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo. Oleh karena itu ia juga mengapresiasi Pemprov menjadi terdepan memberikan komitmen pengimplementasian digitalisasi pemerintah daerah.

Pada momen yang sama, Dirut Bank Sulsebar menandatangani komitmenya dalam mendorong implementasi Sistem Infromasi Pemerintah Daerah (SIPD) dengan sistem keuangan pada Bank Sulselbar selaku pengelola rekening kas umum daerah beserta seluruh pemerintah daerah se Sulawesi Barat.

Dukungan yang dilakukan Bank Sulselbar terhadap digitalisasi tidak terbatas kepada layanan RKUD melainkan saat ini Bank Sulselbar sedang mengembangkan Kartu Kredit Pemerintah Domestik (KKPD) server based yang terintegrasi dengan Aplikasi Sulselbar Mobile, dengan tujuan mendukung kebijakan pemerintah dalam impelementasi belanja melalui gerakan non tunai dan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Selanjutnya, Pj Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh dalam keynote speechnya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran seluruh stakeholder yang telah hadir dan siap untuk berkomitmen mendorong digitalisasi pada pemerintah daerah.

Pj Gubernur berkomitmen terus mendorong digitalisasi melalui layanan digital Bank Sulselbar, baik SIPD yang terintegrasi dengan sistem Bank Sulselbar, kartu kredit pemerintah daerah, hingga penggunaan QRIS. Termasuk pelayanan lain seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dapat diakses melalui kanal pembayaran digital.

Arahan Pj Gubernur pada kegiatan ini sejalan dengan komitmen Bank Sulselbar untuk terus mendorong digitalisasi layanan pada seluruh aspek ekosistem keuangan daerah. Sehingga Bank Sulselbar menjadi mitra strategis pemeritah dalam menggerakan sektor rill dan memberikan nilai tambah optimum bagi stakeholder. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *