Bank Sulselbar, GPEI dan PT. Raihan Perdana Abadi Jajaki Kerjasama Tingkatkan Kapasitas UMKM

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Bank Sulselbar, Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), dan PT. Raihan Perdana Abadi telah melakukan penjajakan kerjasama dalam rangka meningkatkan kapasitas UMKM Indonesia dalam menjangkau pasar global, khususnya di Hongkong.

Pertemuan tersebut dilakukan di Kantor Bank Sulselbar, Makassar, pada Senin, 13 November 2023. Dalam pertemuan tersebut, Arief R Pabettingi, Direktur Utama PT Raihan Perdana Abadi yang juga merupakan Ketua GPEI Sulselbar, menjelaskan bahwa PT Raihan Perdana Abadi akan berperan sebagai mitra logistik utama dalam kerja sama ini.

“Perusahaan ini akan menangani proses pengiriman produk UMKM Sulsel ke Hong Kong,” ujar Arief.

Sementara itu, Ria Andriany R.A., Pemimpin Dept Corporate Banking and E-Business Bank Sulselbar, mengatakan, inti dari kerja sama ini adalah penyediaan layanan keuangan yang memadai dari Bank Sulselbar kepada UMKM Sulsel yang menjadi anggota GPEI.

Adapun layanan perbankan yang ditawarkan adalah layanan giro valas, trade finance dan remittance, serta pembiayaan kepada pengusaha ekspor.

“Dengan layanan keuangan yang lengkap dari Bank Sulselbar, diharapkan UMKM Sulsel dapat menjangkau pasar ekspor dengan lebih mudah dan efisien,” ujar Ria.

Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi UMKM Indonesia untuk mencapai kesuksesan di kancah global.

Dampak Kerja Sama

Kerja sama ini diperkirakan akan memberikan dampak positif bagi UMKM Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan. Adapun beberapa dampak positif tersebut antara lain:

– Peningkatan akses pasar ekspor. Kerja sama ini akan membuka akses bagi UMKM Indonesia untuk menjangkau pasar ekspor, khususnya di Hongkong.

– Peningkatan kapasitas UMKM. Kerja sama ini akan membantu UMKM untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam hal produksi, pemasaran, dan logistik.

– Peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

Kerja sama ini merupakan langkah penting dalam mendukung pengembangan UMKM Indonesia.

Dengan dukungan dari Bank Sulselbar dan PT. Raihan Perdana Abadi, UMKM Indonesia diharapkan dapat berkembang dan bersaing di pasar global. (*)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *