Bank Sulselbar Gelar Digital Mindset A Journey To Greatness

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Konsisten pada inovasi digital, Bank Sulselbar menggelar event yang cukup seru yakni “Digital Mindset A Journey To Greatness 2022”. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor pusat Bank Sulselbar Jalan Ratulangi, Sabtu, 8 Oktober 2022 mulai pukul 08.30 Wita.

Event yang dilakukan secara hybrid itu, dibuka Direktur Operasional dan IT Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan. Menghadirkan pembicara yakni President Director Allo Bank Indonesia, Dr. Ir. Indra Utoyo MSc. Kemudian Co Founder and Managing Partner at Katalys Partners, dan CEO Bank Neo Commerce, Tjandra Gunawan.

Peserta kegiatan ini adalah jajaran pimpinan di Bank Sulselbar. Menurut Irmayanti Sulthan saat membuka kegiatan itu, leader adalah kunci dari transformasi, dan di era digital ini leadership style harus berubah. Tidak lagi hanya memberi order (direction), tetapi lebih mengencourage bawahan untuk lebih inovatif dan kreatif.

“Karena era semakin cepat dan dinamis. Tujuannya agar Bank Sulselbar bisa menciptakan value dan customer experience yang lebih baik kepada seluruh nasabah. Pimpinan harus agile, tetapi juga tetap mampu membangun pagar-pagar risiko dengan baik, agar bank tetap tumbuh secara sehat dan kuat,” papar Irmayanti.

Dalam era yang serba digital, agar tidak ketinggalan seluruh bisnis tentunya juga harus mengikuti perkembangan. Hal inilah yang menjadi alasan Bank Sulselbar, secara aktif terus mengembangkan produk dan layanan perbankan dengan dukungan teknologi digital untuk memudahkan kebutuhan nasabah dan masyarakat.

Strategi Bank Sulselbar dalam mendorong digitalisasi, salah satunya dilakukan dengan memperbanyak layanan digital di kantor-kantor cabang yang sebelumnya masih dilakukan menggunakan loket antrian. Kini, serba digital. Mengumpulkan dan menganalisa data untuk lebih memahami kebutuhan nasabah eksisting sambil melihat peluang untuk akuisisi nasabah baru dengan menunjukkan transformasi digital dari Bank Sulselbar yang sudah ramah dengan kalangan milenial.

Irmayanti mengungkapkan, Bank Sulselbar sudah sejak 2017 menerapkan digitalisasi layanan, salah satunya menerapkan ETP melalui implementasi TNT atau SP2D online dane-SPB.

Tak hanya itu, Bank Sulselbar menggandeng Dompet Anak Bangsa (Gopay), Tokopedia pembayaran PBB dan pajak kendaraan bermotor (PKB). Lalu, pada 2021 bekerja sama dengan Ovo dan Shopee untuk penerimaan pembayaran PBB, PKB, retribusi dan pajak lainnya.

“Nah, kini semuanya lebih digitalisasi dengan adanya sistem pembayaran lewat QRIS. Kami terus mengembangkan ekosistem digital tidak saja pada pemerintah daerah, tapi juga masyarakat luas. Dan apa yang menjadi harapan dari gubernur dan pemerintah kabupaten kota itu merupakan stakeholder Bank Sulselbar, elektronisasi transaksi pemerintah daerah itu tidak terbatas pada transaksi biasa saja tetapi juga untuk memudahkan monitoring dan jadinya akurasi data, kecepatan data, kecepatan transaksi serta pelaporan untuk perpajakan semuanya sudah diwujudkan secara bertahap,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *