Bank Sulselbar Bersama BP3TKI Inisiasi Kerjasama, Berikut Tujuannya

Kabarnusantaranews, Makassar;- Bertempat di Grind & Pull Café, Makassar, Direktur Pemasaran dan Syariah PT Bank Sulselbar Hj. Rosmala Arifin dan Kepala Balai Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan TKI /BPTKI Sulsel Mohammad Agus Bustami sepakat untuk menginisiasi kerjasama dibidang remitansi dan skema pembiayaan bagi TKI/PMI Sulsel dan Sulbar, Jum’at (03/01/2020).

Kerjasama remitansi bertujuan untuk memberikan layanan kiriman uang para TKI di luar negeri ke keluarga yang ada di Sulawesi Selatan dan Barat secara cepat dan murah.

Kerjasama pembiayaan TKI/PMI dilakukan guna mengatasi gap atas tingginya permintaan tenaga kerja terampil (skilled labor) dan kemampuan calon tenaga kerja tersebut dalam pendanaan untuk biaya proses penempatan yang membutuhkan biaya relatif besar.

“Kami hadir untuk membiayai entry cost tersebut yang nanti pembayarannya dilakukan melalui gaji mereka yang ditransfer melalui rekening para TKI di Bank Sulselbar. Upaya ini juga merupakan bagian dari komitmen kami untuk lebih berperan dalam pengurangan tingkat pengangguran di masyarakat,” ujar Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, Hj. Rosmala Arifin.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kerjasama ini juga mencakup remitansi, sehingga calon TKI Sulsel dan Sulbar yang akan diberangkatkan ke luar negri wajib membuka rekening terlebih dahulu di Bank Sulselbar.

“Cukup dengan setoran awal Rp50.000 saja,” tambahnya

Sementara itu, menurut Kepala BP3TKI, Mohammad Agus Bustami yang didampingi Ketua Pasmindo, Agussalim Husain mengatakan sinergi kerjasama ini diyakini akan meningkatkan value bagi perekonomian Sulsel.

“Dengan teratasinya masalah pengiriman TKI dan juga peningkatan akurasi serta kualitas data remitansi karena transfer dana dilakukan langsung ke rekening Bank Sulselbar,” tutupnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *