Banjir Masih Menghantui Makassar, Anggota Dewan Nilai Drainase Belum Optimal

Kabarnusantaranews,Makassar– Persoalan banjir belakangan ini, mulai banyak dilaporkan dibeberapa daerah di kota Makassar, peningkatan drainase dianggap bisa menjadi solusi.

Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Makassar Abdi Asmara mengatakan, sistem drainase di Kota Makassar masih belum begitu baik, alasannya beberapa drainase masih belum terhubung, air hanya berputar dan mengendap sehingga hal ini perlu ditingkatkan dengan menghubungkan drainase tersebut ke saluran utama.

“Memang sistem drainase kita tidak terhubung jadi perlu memang kita ini merencanakan drainase secara komprehensif,” tukas Abdi saat dihubungi kabarnusantaranews, Senin (21/12).

Legislator Demokrat ini berujar bahwa, persoalan tersebut banyak ditemukan di perumahan-perumahan di Kota Makassar. Dia mengkritisi buruknya perencanaan dari para pengembang perumahan yang hanya membangun tanpa memikirkan solusi air drainase yang baik.

Banyaknya perumahan yang memiliki kasus serupa kian memperburuk keadaan, sehingga menurut Abdi adalah hal yang wajar jika tiap tahun areal-areal perumahan mudah terendam banjir.

“Di Biringkanaya ada empat kelurahan di mana terlalu banyak perumahan itu airnya di situ hanya berputar dalam perumahan. Kenapa, karena tidak ada jalan keluarnya air, sedangkan poros Paccerakkang, Berua, Daya terjadi penyempitan drainase akhirnya kan tidak terhubung ke luar,” beber Abdi. (rls/tim)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *