Angkat Tema Sinergitas Media dan Legislatif, DPRD Makassar Gelar Dialog Publik

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – DPRD Kota Makassar menggelar Diskusi Publik dengan tema “Sinergitas Media dan Legislatif” di Hotel Claro, Senin (20/2/2023)

Dialog ini menghadirkan narasumber, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Pemerhati Media Sukriansyah S Latief, dan Plt. Kepala Dinas Kominfo Makassar Ismawaty Nur.

Kegiatan yang dipandu oleh Jurnalis Senior Andi Mangara ini juga dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD dan SKPD lingkup Pemkot Makassar.

Dalam pemaparannya, Ketua DPRD Rudianto Lallo menyampaikan, DPRD Makassar memiliki empat kegiatan kedewanan dalam satu tahun.

“DPRD hari ini ada empat kegiatan, pertama konsultasi publik, reses, sosialisasi peraturan daerah, dan kunjungan dapil, yang mana anggota DPRD Kota Makassar bisa bertemu dengan konstituen”, jelasnya.

Olehnya itu, Rudianto Lallo menekankan, peran media sangatlah penting bagi DPRD Kota Makassar secara kelembagaan.

“Dan ini sangat berguna juga bagi masyarakat yang membutuhkan informasi atas kerja yang dilakukan oleh anggota dewan”, tuturnya.

“Kegiatan legislatif tanpa pemberitaan media itu bagaikan makan tanpa minum. Begitu pentingnya bersinergi dengan pers, apalagi di era digital,” sambungnya.

Pemerhati Media, Sukriansyah Latif mengatakan, pihak media mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengawal pemerintahan dan legislatif.

Menurutnya, eksekutif, legislatif dan wartawan sama-sama mempunyai fungsi masing-masing, untuk bagaimana kinerja pemerintah itu lebih baik ke depannya.

“Wartawan jangan berhenti untuk menulis dan Legislatifnya jangan berhenti untuk bicara,” ungkap Uki, tegas.

Dikesempatan yang sama, Plt. Kadis Kominfo Isma berharap media tetap menjadi kontrol sosial di Pemerintahan Kota Makassar.

“Kami siap menerima aduan masyarakat melalui nomor aduan yang sudah ada. Media tetap menjadi parnert kami dan menjadi pengingat dalam menjalankan roda pemerintahan,” kuncinya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *