Anggota DPRD Makassar, Anton Paul Goni Gelar Sosper Pemberian ASI Eksklusif

Kabar Nusantara News, MAKASSAR Legislator DPRD Kota Makassar, Anton Paul Goni (APG) menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Soper) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif, di Hotel Tree Jalan Pandang Raya, Sabtu (28/1/2023).

Kegiatan ini dihadiri dua narasumber, yakni dr. Asfira Asmawat serta Emilia Harnani, S.ST, M.Kes (Ketua Bidan Kota Makassar).

Dalam sambutannya, Anton Paul Goni pemaparkan pentingnya pemberian ASI Eksklusif untuk tumbuh kembang anak selama masa periode ibu menyusui. Bukan justru memilih susu formula.

“ASI Eksklusif itu lebih berkhasiat yang mengandung gizi yang tinggi dibanding susu formula,” jelasnya.
 
Politisi PDIP ini meminta agar perda ini turut disosialisasikan ke tetangga atau keluarga lainnya bagaimana pentingnya ASI Eksklusif bagi bayi.

“Perda ini ada 16 Bab 37 Pasal. Nanti bisa kita tanyakan langsung ke kedua narasumber yang kita hadirkan sehingga sebentar ada ilmu yang kita peroleh tidak sia-sia kehadiran kita. Dan boleh juga disampaikan kepada tetangga atau keluarga kita supaya mereka tahu bagaimana pentingnya pemberian ASI Eksklusif,” ujarnya.

Sementara itu, Emilia Harnani selaku narasumber memaparkan tidak ada alasan bagi ibu yang baru melahirkan tidak memberi ASI eksklusif pada bayinya. Kecuali bagi ibu yang ada indikasi medis.

“Pemberian ASI Eksklusif ini penting bagi bayi mulai umur 0 hingga 6 bulan. Kecuali bagi ibu yang ada indikasi medis. Hal ini penting bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak,” ungkapnya.

Sedangkan dr. Asfira Asmawat menjelaskan setiap bayi berhak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa menambahkan atau mengganti makanan ataupun minuman pada bayi.

“Manfaat ASI eksklusif ini sebagai antibodi bayi sehingga tidak mudah sakit. Untuk tumbuh kembang bayi. Mencerdaskan bayi dan masih banyak manfaat lainnya,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *