Andi Sudirman Lantik Kepala Sekolah, Pertimbangkan Rentang Jarak Sekolah dengan Tempat Tinggal

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan melantik sebanyak 98 kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) lingkup Pemprov Sulsel di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur, Selasa, 27 September 2022.

Gubernur menyampaikan pertimbangan penempatan yang telah menjadi Pelaksana Tugas dan berkinerja baik serta pertimbangan rentang jarak dari sekolah.

“Ini sudah lama ada yang Plt dan bagus kinerjanya kita defenitifkan ada juga karena persoalan rentang jarak dari sekolah,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Pada pelantikan tersebut, Gubernur meminta kepala sekolah menceritakan atau menyampaiakan pengalaman pengabdiannya di tempat sebelumnya. Ditemukan fakta ada yang harus menempuh jarak 240 Km pulang-pergi sehari. Bahkan ada dengan total pengeluaran biaya untuk hingga Rp40 juta setahun.

“Ini kita tidak mau mereka habis diongkos, capek dan lelah. Akhirnya, tidak konsen mengajar, mereka rata-rata telah mengabdi 4 tahun,” ucapnya.

Diantaranya, Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Jeneponto yang baru, Halwatiya merasa bersyukur ditempatkan di lokasi dekat rumahnya di sisa masa pensiunnya yang tersisa 6 tahun lagi. Ia yakin akan semakin efektif dan semakin bersemangat. Sebelumnya, harus menempuh jarak 70 Km.

“Karena perjalanan menyita waktu, kita ingin efektif tapi sudah kelelahan sampai sekolah dan pulang juga sudah capek, padahal sebagai ibu harus mengurus keluarga juga,” ucapnya.

Sedangkan Umar HR, Kepala Sekolah SMA 6 Maros yang baru, mengaku, dengan jarak tempuh 150 Km terkadang ia tidak kembali ke rumah tetapi menginap di lokasi sekolah.

“Saya kadang harus menginap Alhamdulillah, dulu 150 Km sekarang jaraknya hanya 1 Km dari rumah, terima kasih Pak Gubernur,” sebutnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *