184 KK Terdampak Banjir di Halmahera Tengah

Kabarnusantaranews, Halmahera ;– Sejumlah 184 KK terdampak banjir di Kabupaten Halmahera Tengah, pada sekitar pukul 08.00 waktu setempat (Waktu Indonesia Timur). Senin (8/7/2019).

Genangan banjir yang terjadi di empat desa wilayah Provinsi Maluku Utara tersebut dipicu oleh intensitas hujan tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Tengah melaporkan bahwa banjir terjadi di Desa Sumber Sari, Kluting Jaya, Wairoro Indah, Lembah Asri yang berada di Kecamatan Weda Selatan.

Sedangkan di Kecamatan Weda Utara, banjir melanda esa Waleh. Hingga pukul 17.14 WIB hujan terjadi dengan intensitas rendah.

Kondisi Banjir di SMP Negeri 16 Halmahera Tengah (Foto/Dok.BNPB)

“Tinggi muka air beragam dari 50 hingga 100 cm”, kata Rita Rosita S kepala Bidang Humas BNPB dalam keterangannya.

BPBD Kabupaten Halmahera Tengah melakukan upaya penanganan darurat kepada warga terdampak. Kaji cepat yang dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD merespon kondisi terkini di lapangan. BPBD beserta mitra terkait melakukan pembersihan saluran air dengan alat berat dan melakukan evakuasi barang-barang milik warga.

BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa. Namun demikian, berdasarkan kajian cepat dilapangan, kerugian materiil untuk sementara waktu telah teridentifikasi.

Kerugian mencakup bangunan yang terendam, seperti rumah 184 unit, SMP 2 unit, SMA 1 unit, TK 1 unit, dan masjid 2 unit. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *