1.500 Personil Diterjunkan Untuk Cegah Karhutla Riau

Kabarnusantaranews, Pekanbaru ;– 1.500 personil gabungan diterjunkan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Pelepasan personil tersebut, dilakukan langsung oleh Kepala BNPB Doni Monardo dalam Apel Kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), di Lapangan Kantor Gubernur Riau. Rabu (10/7/2019).

Dalam arahannya Doni Monardo mengatakan, pengiriman personil tersebut berfungsi untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat.

Kepala BNPB Doni Monardo, di Lapangan Kantor Gubernur Riau (Foto/hms)

“Pengiriman personil ini berfungsi untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat tentang bagaimana mengelola hutan dan lahan pada saat musim kemarau, untuk serta memberikan pemahaman kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan.” Ujar Doni.

Terjadinya karhutla akan merusak ekosistem hutan, flora dan fauna, penghuninya serta cagar biosfer.

Selain itu, kebakaran hutan dan lahan juga mengganggu pelayanan transportasi masyarakat dan bisnis.

Lahan gambut yang menjadi karunia untuk bangsa Indonesia dengan ketebalan mencapai 36 meter, menjadi area yang paling rentan terjadi kebakaran lahan.

Indonesia juga mendapat desakan dan teguran dari negara tetangga terkait akibat yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan, hal ini tentu saja mengganggu hubungan diplomatik antar negara dan regional Kawasan ASEAN.

Lanjut Doni, dengan menggunakan pendekatan persuasif dan mengajak semua pihak, kita berharap kebakaran hutan dan lahan dapat kita hentikan sejak hari ini.

“Belajar dari pengalaman tersebut, maka perlu diimplementasikan konsep Kenali Ancamannya, Siapkan Strateginya”.

Kita cari akar masalahnya, kemudian kita carikan solusinya. Dalam kasus kebakaran hutan dan lahan, solusi yang terbaik adalah melakukan pencegahan.

Diketahui pada kesempatan tersebut, kepala BNPB juga memberikan bantuan dana siap pakai untuk penanganan siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di provinsi Riau kepada BPBD Provinsi Riau sebesar Rp 300 juta, Polda Riau Rp 250 juta, dan KOREM 031 Wirabima, Rp 1 milyar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *