Wagub Cek Kesiapsiagaan dan Normalisasi Kanal Makassar

Setelah melakukan kunjungan ke markas BPBD Sulsel untuk mengecek langsung kesiapsiagaan tim menghadapai pancaroba, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman kembali berkoordinasi dengan Balai melalui tim PSDA Provinsi atas normalisasi kanal.

Wakil Gubernur kemudian atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mengucapkan apreasiasi untuk Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Ir. Supardji bersama jajarannya.

Ia mengucapkan hal itu atas perhatiannya terhadap kanal Makassar, setelah tim Balai BBWS PJ tersebut menurunkan alat berat untuk normalisasi kanal Makassar, serta apreasiasi atas koordinasi yang baik oleh tim PSDA Provinsi, Pemkot Makassar, dan seluruh instansi terkait.

Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya yang sangat strategis untuk meminimalisir dampak kenaikan air kanal. Dimana daya tampung serta laju aliran air ke muara saat curah hujan yang tinggi.

Selain merefresh dan mensiagakan personel, BPBD juga berkoordinasi dengan BBWSPJ atas progress normalisasi kanal Makassar, sebagai bagian dari kesiagaan untuk mengantisipasi musim pancaroba yang bisa berdampak banjir dan lainnya.

“Intinya ini sebagai bagian peningkatan kewaspadaan dampak perubahan cuaca. Setelah kami rapat koordinasi bersama tim BPBD tentang kesiapsiagaan dan pengkoordinasian instansi vertikal dalam hal ini Balai BBWS Pompengan Jeneberang untuk normalisasi kanal Makassar. Ini standar normal dalam sistem yang kita terapkan,” ucap Andi Sudirman, Jum’at (3/1).

Ia juga berharap, ke depannya BPBD bersama instansi dan swasta menjadi pelopor dalam kebencanaan. Termasuk sosialisasi simulasi potensi hazards di Sulsel, khususnya Kota Makassar dan sekitarnya. Termasuk mitigasinya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *