Wagub Bahas Jual Beli dan Riba di Seminar Ekonomi dan Bisnis Islam

Kabarnusantaranews, Makassar;- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Islam UIN Alauddin, menyelenggarakan Seminar Nasional Strategi Pengembangan Ekonomi KTI Melalui Masterplan Ekonomi Syariah Berbasis Nilai Lokal, di Aula FEB Islam, Rabu, 11 Desember 2019.

Hadir sebagai narasumber, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan Dekan FEB Islam Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag.

Andi Sudirman mengatakan, Allah SWT berfirman dalam Surah Al Baqarah 275, Dan Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Tetapi pada kenyataannya, beberapa umat Islam sendiri phobia terhadap istilah syariah.

Menurutnya, pengetahuan dasar-dasar ilmu agama sangatlah diperlukan seseorang sebelum memulai berbisnis. Membedakan pinjaman dan investasi juga perlu dipahami, sehingga kita bebas dari riba.

“Industri 4.0 harus orientasinya fokus untuk melihat masalah di lapangan. Perguruan tinggi dibangun untuk membantu industri, perlu kita pikirkan bagaimana menciptakan peluang untuk lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Sementara, Prof Abustani Ilyas, mengungkapkan, mayoritas penduduk Indonesia, yakni sekitar 87,17 persen beragama Islam. Sebagai umat Islam, tentu perlu kita memperhatikan kebutuhan berislam secara kaffah, secara totalitas.

“Di Sulsel, persentase umat Islam sangat besar, sehingga dibutuhkan penguatan ekonomi syariah,” terangnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *