Tragedi Anggota DPRD Tewas, Direktur LBK KNPI Dorong Pelatihan Basic Life Support di Setiap Instansi

Kabarnusantaranews, Makassar ;– Dari video yang tersebar saat salah satu anggota DPRD Sulsel, Ince Langke tiba-tiba tidak sadarkan diri, dari sejumlah orang yang memberikan bantuan tidak ada satupun yang terlihat melakukan bantuan hidup dasar (Basic Life Support) pada korban.

“Hanya di tepuk-tepuk lengannya, saya tidak tau info tepuk-tepuk tangan sebagai Basic Life Support itu dari mana?,” kata dr. Shandy Shanaya, Direktur LBK KNPI Sulsel.

Ini menunjukkan masih banyaknya yang belum paham dan bisa melakukan Basic Life Support dengan baik, bahkan di kalangan terdidik pun.

Padahal menurut dr. Shandy ini sangat penting, dimana penyakit kardiovaskuler sangat tinggi yang tentu rentan terhadap cardiac arrest/henti jantung yang bisa terjadi kapanpun dan dimana pun.

“Untuk itu perlunya sosialiasai dan pelatihan yang kuat kepada semua kalangan, instansi untuk bisa melakukan basic life support hingga bantuan medis tiba. Di negara maju bantuan Basic Life Support sudah bukan menjadi hal tabu, bahkan di beberapa negara maju masyarakat awam sudah mampu penggunaan AED,” jelas dr. Shandy.(erk/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *