Tinjau Sumber Air PDAM di Kecamantan Kindang, Wabup Tomy di Dampingi Anggota DPRD Soraya Widyasari

Kabarnusantaranews, Bulukumba;- Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Tomy Satria Yulianto di dampingi Anggota DPRD dari partai PKB, Soroya Widyasari, turun langsung meninjau sumber air PDAM yang berlokasi di Na’na, Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, yang di kabarkan di tutup warga, Sabtu (29/9/2019).

Hal tersebut di lakukan untuk bertemu langsung dengan masyarakat. Sehingga dapat mendengar langsung permasalahan yang membuat warga menutup sumber air PDAM.

Setelah meninjau lokasi sumber mata air, Tomy menyampaikan bahwa tidak ada penutupan sumber air perusahaan PDAM Bulukumba.

“Saya sudah bertemu langsung dengan masyarakat na’na.Mereka itu tidak menutup sumber air PDAM. Yang terjadi adalah debit air memang sangat kecil selama musim kemarau ini,” pungkas, saat dikonfirmasi via Whatsapp, Minggu (29/9/2019).

Iapun menjelaskan, masyarakat na’na tidak menutup sumber Air PDAM, hanya saja memprioritaskan sumber air tersebut untuk turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), yang menjadi sumber penerangan masyarakat Na’na.

Bahkan, kata dia, dari hasil diskusi dengan warga Na,na, yang ditolak masyarakat adalah desain proyek yang akan dikerjakan pihak pdam yang dimana akan berpotensi mengganggu pembangkit listrik mereka.“Bukan sumber air PDAM Bulukumba,” jelasnya.

Ia mengaku, sudah membicarakan tentang beberapa opsi jalan keluarnya. Salah satunya adalah memanfaatkan sumber air sungai Sapayya untuk meningkatkan debit air, namun opsi itu akan terlebih dahulu di musyawarakan oleh warga.

Selain itu, disela meninjau sumber air, Tomy juga menyaksikan masyarakat na’na secara swadaya membangun jalan pintas menuju perkampungan Senggang.

“Pada kunjungan itu, saya juga melihat warga sedang swadaya membangun jalan. Saya salut dengan keswadayaan masyarakat Na,na membangun jalan. Mereka bekerja tanpa dipaksa,” ungkapnya

Sekedar diketahui bahwa dalam hari yang sama antara Tomy dan Andi Yaya sapaan akrab Andi Soraya berkunjung ke na’na, yang dimana Andi Yaya sendiri ke na’na guna untuk meninjau lokasi Persiapan kegiatan baksos yang rencana di gelar pada tanggal 26-28 Oktober mendatang.(ft)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *